Home / Apotik Hidup / Penyebab Paru-paru dan Pencegahannya

Penyebab Paru-paru dan Pencegahannya

Bagi sebagian orang, dengan merokok “katanya” sanggup mendatangkan efek relaksasi dan sugesti penambah percaya diri dalam kejiwaan seseorang. Namun dibalik itu semua kita tahu bahwa rokok mengandung beberapa zat kimia yang membahayakan tubuh misalnya saja yang paling rendah adalah nikotin.

Di kalangan orang-orang awam, soda merupakan minuman pembersih paru-paru untuk perokok berat. Padahal itu hanya mitos, karena belum ada penelitian yang pasti tentang hal ini. Anda sendiri mungkin pernah merasakan minum soda campur susu tanpa memiliki niat membersihkan paru-paru, karena anda hanya ingin minuman segar penghilang dahaga. Akan tetapi apakah anda mengetahui bahwa ternyata, campuran susu soda itu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan kalsium pada susu dan zat karbonat soda jika disatukan akan membentuk reaksi senyawa Kalsium Karbonat. Keduanya tidak dapat diserap tubuh dan sulit larut dengan air dalam tubuh anda. Jika sering konsumsi ini, anda bisa terkena batu ginjal  serta meningkatkan resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Selain rokok, kasus lain yang dapat membuat paru-paru kita kotor adalah asap kendaran bermotor, kabut asap, dan polusi udara akibat asap pabrik.

Ada racikian minuman alami menyehatkan bagi perokok akut dan pastinya ini bukan mitos. Sebagian ahli medis menyarankan konsumsi minuman ini sebab tanpa bahan kimia, hal ini bisa mengurangi efek negative rokok.

Berikut cara membuat minuman alami untuk paru-paru anda

  • Bahan :

1 ruas jahe ukuran kecil

2 sendok  teh bubuk kunyit

400 gr bawang putih, kupas serta cincang

1 ltr air

400 gr gula merah

 

  • Cara Membuat :
  • Tuang air dalam panic ukuran sedang, panaskan diatas kompor. Tambahkan gula ke dalamnya. Setelah air betul-betul panas ( mendidih ) tambahkan beberapa bahan yang ada. Tunggu selama 5 menit, angkat dan diamkan hingga dingin. Siapkan botol atau gelas es kaca, masukkan racikan tadi dengan disaring terlebih dahulu. Jangan lupa tutup rapat-rapat.Letakkan di dalam lemari es, jika anda belum memilik refrigator, biarkan saja taruh di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Misalnya dia atas meja makan. Aroma minuman ini cukup menyengat, untuk mengurangi bau tak sedap anda bisa menambahkan buah lemon lime, dengan cara diperas sarinya
  • Ketentuan penggunaan :

Ambil 2 sendok teh minuman ini  setiap pagi hari waktu perut masih kosong. Bagusnya lagi setelah bangun tidur, usahakan minum air putih dulu. Dan 2 sendok makan di malam hari sehabis makan besar atau menjelang tidur.

Nah itulah beberapa cara membersihkan asap rokok yang ada di paru-paru. Selain itu anda juga harus mengimbanginya dengan berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selamat mencoba, salam herbal salam sehat.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...