Home / Artikel Kesehatan / Randa Tapak Atau Dandelion Dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan

Randa Tapak Atau Dandelion Dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan

Bunga dandelion atau orang bilang menyebutnya dengan bunga Randa Tapak, benua eropa dan asia adalah tempat asal bertumbuhnya bunga dandelion, di benua tersebut bunga dandelion asli tumbuh. Namun saat ini bunga dandelion bisa tumbuh dimana saja, bunga yang merupakan bagian dari jenis Taraxcum dan masuk kedalam family Asteraceae yang memiliki asal usul mengapa nama dinamakan dengan bunga Randa Tapak. Hal itu karena penamaan tersebut biasa digunakan bagi tumbuhan yang memiliki bunga-bunga kecil yang bisa terbang jika ditiup oleh angin, bunga-bunga kecil tersebut merupakan sejenis dengan jam hayati yang ketika terbang melepaskan banyak biji tetapi sebenarnyanya biji-biji tersebut merupakan buah dari bunga dandelion.

Bunga Randa Tapak biasanya dijadikan sebagai dekoratif atau hiasan saja, namun bunga ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yang kebanyakan orang menganggap bunga tersebut hanya jenis bunga biasa saja.

Meskipun dianggap sebagai gulma, akar dandelion memiliki sejarah panjang digunakan terapi. Bahkan, tanaman sangat bermanfaat ini memiliki kemampuan untuk mengobati alergi, menurunkan kadar kolesterol, merangsang produksi empedu, dan detoksifikasi hati. Ia juga memiliki sifat diuretik dan itu sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan menopause.

Waktu terbaik untuk akarnya di panen  adalah di musim semi, terutama di awal April. Pastikan Anda mengambilnya dari tempat-tempat yang kurang tercemar, seperti daerah yang jauh dari kota dan jalan.

Bagian terbaik tentang dandelion adalah bahwa semua bagian itu memiliki sifat obat. Misalnya, daun berlimpah vitamin dan dapat digunakan dalam salad, bersama dengan kentang dan telur. batang mengurangi masalah perut, merangsang fungsi kandung empedu, mengatur metabolisme, dan memurnikan darah. Selain itu, batang dapat digunakan untuk mengobati diabetes sedangkan susu dari batang dapat digunakan untuk menghilangkan kutil. Pada akhirnya, orang menggunakan bunga dandelion untuk mempersiapkan sirup dandelion buatan sendiri yang memurnikan darah, mengurangi batuk, dan memperbaiki pencernaan.
Dandelion SIRUP Resep

Dapatkan 400 bunga dandelion kuning dan tuangkan 3 liter air atas mereka. Lalu, potong 4 jeruk dan 4 lemon menjadi irisan dan menambahkannya ke campuran. Tinggalkan campuran selama 24 jam.

Setelah 24 jam, saring campuran dan tuangkan cairan ke dalam panci. Tambahkan 2 cangkir gula ke dalam panci dan masak selama sekitar setengah jam.

Setelah campuran mendidih, angkat dan pindahkan  sirup ke dalam botol steril. Gunakan sirup dandelion untuk mengobati dingin, batuk, atau bronkitis.
MANFAAT KESEHATAN DAN melawan kanker

Dandelion telah lama digunakan dan dihargai karena sifat obat. Saat ini, obat modern menegaskan manfaat kesehatan dan menunjukkan bahwa itu bahkan mampu menyembuhkan kanker. Jauhkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang menyiapkan dan menyimpan akar dandelion untuk penggunaan masa depan.

Anda perlu mengupas, memotong, dan kering akar dandelion pada udara segar. Biarkan mengering selama sekitar dua minggu atau sampai mereka menjadi rapuh di bawah jari-jari. Setelah kering, menempatkan mereka ke dalam botol dan simpan di tempat yang gelap dan dingin.

Akar dandelion memiliki kemampuan untuk membersihkan ginjal, hati, kelenjar getah bening dan kantong empedu, yang membuatnya efektif untuk mengobati batu empedu, sembelit, hepatitis, jerawat, edema, dan rematik. Selain itu, sangat bermanfaat bagi perempuan, terutama untuk pencegahan dan pengobatan masalah yang berkaitan dengan menyusui serta kista, tumor, dan kanker.
CARA MEMPERSIAPKAN Dandelion TEA?

Pilih beberapa daun dandelion, kering, memotong dan berbasa mereka dengan baik. Menyimpan campuran dalam botol dan menjaga untuk penggunaan masa depan. Untuk mempersiapkan teh dandelion, Anda perlu menambahkan setengah sendok teh campuran ke dalam segelas air. Sesimpel itu!

Pilihan lain adalah dengan mencampur 60 gram campuran segar dan 30 gram akar dandelion kering. Masukan campuran ini ke dalam panci bersama dengan 2,5 ons air dengan sedikit garam. biarkan  mendidih, tutup panci, dan didihkan selama sekitar 20 menit. Saring cairan sesudahnya dan mengkonsumsi tiga cangkir sehari.
MANFAAT LAINNYA DAUN RANDA TAPAK ATAU DANDELION

Meningkatkan nafsu makan

Ketika nafsu makan menurun efek yang dirasakan adalah pencernaan yang tidak lancar, akibat dari turunnya nafsu makan adalah gangguan pencernaan yang menimbulkangangguan pada usus seperti diare, wasir dan sembelit. Untuk mengembalikan nafsu makan dapat mengkonsumsi bunga Randa Tapak sehingga nafsu makan menjadi meningkat, dan efek yang dirasakan bagi pencernaan pun membuat pencernaan menjadi lancar.

Menurunkan hipertensi

Kandungan yang terdapat pada bunga Randa Tapak yang memiliki sifat diuretik itu ternyata memiliki fungsi yang bukan hanya dapat melancarkan pencernaan namun dapat pula untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh, pada bunga Randa tapak memiliki kandungan lain selain dari sifat diuretik yang dimiliki pada bunga ini. Kandungan tersebut yaitu kalium dan serat yang memiliki fungsi dalam darah untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi lebih terjaga agar terhindar dari tekanan darah tinggi.

Meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh

Sistem imunitas dalam tubuh yang dapat menurun diakibatkan oleh mikroba dan jamur berbahaya yang dapat mengakibatkan infeksi pada sistem imunitas yang ada dalam tubuh, sehingga akibat dari infeksi tersebut dapat menyebabkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh menjadi menurun yang dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang oleh penyakit dan untuk meningkatkannya dapat dengan mengkonsumsi bunga dandelion yang memiliki peran yang efektif dalam membunuh mikroba dan jamur yang mengakibatkan infeksi dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah diserang oleh berbagai penyakit.

Melawan timbulnya penyakit hati

Kandungan yang dimiliki dalam bunga Randa Tapak adalah zat antioksidan yang tinggi dan juga vitamin C, antioksidan yang tinggi. Manfaat vitamin C tersebut memiliki fungsi sebagai pengurang racun dalam hati sehingga racun dalam tubuh menjadi berkurang dan fungsi lainnya juga untuk memaksimalkan fungsi kerja hati serta dapat juga mangatur cairan empedu yang ada dalam hati.

6. Mengurangi jerawat yang timbul

Dari sekian banyak tumbuhan yang ada banyak digunakan sebagai obat dalam mengurangi jerawat yang timbul, salah satu untuk menguranginya dengan mengkonsumsi teh daun Randa Tapak atau dandelion. Daun Randa Tapak dipercayai dapat mengurangi jerawat karena terdapat kandungan fitronutrien tinggi yang memiliki peran untuk mengeluarkan kotoran yang ada dalam kulit yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

7. Menghaluskan kulit wajah

Kandungan fitronutrien tinggi dalam daun dandelion memiliki peran dalam meregenarasikan sel kulit yang mati, sel kulit yang mati membuat kulit wajah menjadi terlihat noda hitam sehingga dengan mengkonsumsi teh daun dandelion dapat meregenarasikan sel-sel kulit menjadi sel-sel kulit yang baru dan menghilangkan noda hitam yang ada pada kulit wajah.

8. Membantu mencegah timbulnya kanker

Pada daun bunga Randa Tapak atau dandelion memiliki peran bagi tubuh yang dapat membantu dalam pencegahan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh dan dapat juga mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker tersebut, hal itu dikarenakan pada daun bunga Randa Tapak terdapat kandungan fitonutrien tinggi yang memiliki peran mencegah dan mengurangi sel-sel kanker yang akan tumbuh dalam tubuh.

 

Sumber: http://www.healthandhealthyliving.**m/a-dandelion-cures-cancer-hepatitis-liver-kidneys-stomach-heres-how-to-prepare/

 

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...