Home / Artikel Kesehatan / SEHAT atau JUNK FOOD ???

SEHAT atau JUNK FOOD ???

Apa itu junk food ?

Junk food adalah makanan yang mengandung sedikit nutrisi dan memiliki kandungan berbahaya yang tinggi. Istilah ‘Junk Food’ diciptkan oleh Michael Jacobson pada tahun 1972.Salah satunya adalah makan cepat saji (fast food) dikatan sebagai junk food karena memiliki efek berbahaya bagi kesehatan.

Kalian semua pasti akan kaget mengetahui jumlah gula dan bahan-bahan berbahaya lainnya yang kita konsumsi melalui junk food.Gula berlebihan dan obesitas yang menyertainya hanyalah salah satu dari aspek negative konsumsi junk food.

 

tips-to-reduce-weight-5

Fakta Tentang Junk Food

Dibawah ini adalah fakta dan informasi seputar Junk Food, mari kita simak.

 

  1. Junk food dikenal memiliki kadar gula tinggi. Sebuah kaleng minuman cola mengandung hingga 10 sendok the gula. Itu sebabnya orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan harus berpikir dua kali sebelum meminum cola.

Makanan lain yang mengandung jumlah gula tinggi termasuk juga cokelat, kue, biscuit, dll

 

  1. Junk food cederung mengandung mineral dan vitamin dalam jumlah rendah, sementara sarat dengan kalori.

 

  1. Kandungan oxycholesterol terlalu tinggi dalam junk food. Oxycholesterol adalah salah satu jenis kolesterol yang dalam asupan tinggi dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung.

 

  1. Gula yang tidak digunakan tubuh diubah menjadi lemak. Fakta ini membuat orang yang mengonsumsi junk food secar a teratur berisiko mengalami kelebihan berat badan.

 

  1. Jumlah perasa dan pemanis buatan yang digunakan dalam junk food yang dijual untuk anak-anak ialah dua kali lipat dibandingkan pada makanan untuk orang dewasa. Hal ini dapat menyebabkan efek berbahaya pada anak-anak.

 

  1. Pewarana dan perasa yang hadir dalam junk food bertanggung jawab menyebabkan ruam, asma dan masalah lain seperti hiperaktif.

 

  1. Di Indonesia ,sekitar 5 juta anak-anak kelebihan berat badan.Konsumsi junk food yang berlebihan merupakan salah satu penyebab utama dibalik kasus ini.

 

  1. Berbagai makanan seperti keripik, kue, permen, muffin, makanan yang digoreng, dan lain-lain, mengandung jumlah yang tinggi terhidrogenasi dan lemak.Lemak trans atau minyak terhidrogenasi tidak memilik fungsi apapun dalam tubuh dan bahkan bisa berakibat negative untuk kesehatan.

 

  1. Jumlah garam yang berlebih yang hadir dalam junk food seperti keripik dan pretzel menyebabkan terjadinya persentase natrium meningkat dalam tubuh. Jumlah tinggi natrium dalam tubuh akan menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang berakibat pada hipertensi.

 

  1. Margin keuntungan yang diperoleh perusahaan minuman ringan diperkirakan mencapai 97 %.Dengan alasan yag demikian, mungkin bagi mereka utuk melakukan iklan secara massif dan besar-besaran.

 

  1. Konsumsi junk food bertanggung jawab untuk masalah kesehatan seperti kerusakan gigi, berbagai macam jenis kanker dan banyak penyakit lainnya, selain dari penyakit jantung, obesitas dan tekanan darah tinggi.

 

  1. Lemak yang hadir dalam junk food menyebabkan otak menuntut lebih banyak makanan. Efek ini dapat terjadi pada otak dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

  1. Pemasaran agresif produk-produk junk food menjadi alasan utama banyak orang beralih ke produk-produk tersebut serta mengkonsumsinya secara teratur.

 

  1. Gula berlebih yang terkandung dalam junk food menyebabkan tingkat insulin tetap tinggi sehingga memicu masalah metabolism dala tubuh.

 

Demikian informasi tentang junk food yang dapat kami kupas sehingga kita semua dapat lebih memahaminya. Ingat Orang sehat harus teliti, mari kita hindari Junk food.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...