Home / Artikel Kesehatan / Sinyal Jika Gula Darah Tubuh Anda Meningkat Drastis Dan Makanan yang Mampu Menurunkannya

Sinyal Jika Gula Darah Tubuh Anda Meningkat Drastis Dan Makanan yang Mampu Menurunkannya

Gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi mungkin sangat umum dan banyak yang sudah mengenal dengan istilah tersebut, tetapi banyak orang keliru karena berpikiran penyakit tersebut bukanlah masalah besar. Namun, kedua kondisi ini berhubungan erat, dan mereka berpotensi bisa berakibat fatal bahkan berujung kematian. Berikut adalah segala yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana gula darah yang tinggi dan tekanan darah tinggi mempengaruhi tubuh Anda dan diet apa yang  seharusnya bisa anda makan untuk menghentikan kenaikan kadar gula dan tekanan darah itu.

Bahaya Tingginya Gula Darah dan Tekanan Darah tinggi

gula darah tinggi terjadi ketika kadar glukosa darah meningkat pesat, dan glukosa darah berlebih dapat mulai saraf kerusakan, organ, dan pembuluh darah. Orang dengan gula darah tinggi reguler pada akhirnya buta, memiliki serangan jantung, atau kehilangan anggota badan mereka. Tekanan darah tinggi terjadi ketika jantung memompa darah dengan kekuatan yang berlebihan, yang melemahkan pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, dan Alzheimer. Orang yang kelebihan berat badan sangat beresiko untuk mengembangkan kedua kondisi ini, dan jika seseorang memiliki diabetes, mereka bahkan lebih mungkin untuk menderita efek berbahaya dari gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

Bagaimana Gula Darah Tinggi Meningkatkan Tekanan Darah

Anda biasanya dapat memberitahu bahwa Anda memiliki gula darah tinggi jika Anda selalu lapar dan haus, berlebihan berat badan, dan terus-menerus merasa lelah. Namun, kebanyakan orang dengan gula darah tinggi cenderung menderita tekanan darah tinggi tanpa menyadarinya. Sebuah studi penelitian 2010 menemukan bahwa minum hanya minuman manis tunggal meningkatkan tekanan darah lebih dari makan makanan asin. Hal ini terjadi karena metabolisme fruktosa menghasilkan asam urat sebagai produk sampingan, dan asam urat menghambat oksida nitrat dalam pembuluh darah. gula darah tinggi juga menyebabkan tekanan darah tinggi ketika seseorang menjadi resisten terhadap insulin, yang mengakibatkan diabetes tipe 2.

 

Sinyal Jika Gula Darah ditubuh Anda Meningkat Drastis (Dan Makanan Yang menurunkannya)

 

Makanan untuk Turunkan Gula Darah

tubuh mencerna makanan yang berbeda dengan cara yang berbeda. makanan tertentu memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka dicerna perlahan dan tidak terurai menjadi glukosa atau fruktosa. Makan makanan dengan indeks glikemik rendah adalah cara terbaik untuk menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan menghindari diabetes, serangan jantung, dan kondisi lain. Indeks glikemik bekerja dengan membandingkan pencernaan makanan untuk pencernaan gula murni.

Sinyal Jika Gula Darah ditubuh Anda Meningkat Drastis (Dan Makanan Yang menurunkannya)
Berikut ini adalah tabel indeks Glikemik
Indeks glikemik (IG) adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Angka ini menjadi indkator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah.

Protein Glikemik Rendah

makanan glikemik rendah memiliki indeks glikemik mulai dari 0 sampai 54 per porsi. makanan ini tinggi protein, sehingga mereka dicerna perlahan. Hal ini juga meningkatkan berat badan, lebih menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Telur – 0
Hummus – 6
Kenari – 15
Kacang mete – 22
Plain tanpa gula yoghurt – 23
Sosis kalkun – 28
Kacang mentega -31
Kacang merah – 34

Karbohidrat Glikemik Rendah

Memang benar bahwa beberapa karbohidrat memiliki indeks glikemik tinggi, tapi ini adalah sebagian besar hal-hal yang mengandung zat tepung yang terbuat dari olahan, tepung dikelantang atau kentang putih. Karbohidrat yang tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat benar-benar memiliki indeks glikemik yang sangat rendah karena mereka mencerna begitu lambat.

Brokoli – 10
Onion – 10
Ceri – 22
Grapefruit – 25
Apple – 38
Anggur – 46
Carrot – 47
Oranye – 48
Banana – 52
Peas -54

Moderat Glikemik Karbohidrat

Satu porsi karbohidrat cukup glikemik memiliki indeks glikemik bawah 69. Item ini sebagian besar terbuat dari biji-bijian yang penuh serat, sehingga mereka tidak meningkatkan gula darah terlalu banyak. Kebanyakan pasta yang terbuat dari jenis khusus dari gandum, tepung semolina, yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah baik.
Spaghetti – 42
Brown beras-55
Oatmeal – 58
nasi putih – 64
Macaroni dengan keju – 64

Mengonsumsi makanan indeks glikemik rendah setiap hari dan moderat makanan indeks glikemik kadang-kadang dapat membantu Anda untuk mengontrol keinginan saat mengonsumsi makanan yang tidak menaikkan gula darah. makanan ini juga membantu  penurunan berat badan, sehingga mereka dapat mencegah salah satu faktor risiko terbesar gula darah tinggi dan tekanan darah yang naik.

sumber
http://www.healthytipsworld.**t/2016/08/07/early-warning-signs-your-blood-sugar-is-super-high-eat-these-foods-to-reverse-it/

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...