Home / Artikel Kesehatan / Tips Mencukur Bulu Ketiak yang Aman dan Sehat

Tips Mencukur Bulu Ketiak yang Aman dan Sehat

Bulu ketiak seringkali membuat para wanita jadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Apalagi saat ingin tampil dengan baju berlengan terbuka. Sudah pasti mencukur bulu ketiak jadi solusi ampuh nan praktis untuk membuat penampilan jadi tampak lebih terawat.

Mencukur bulu ketiak mungkin tampak mudah, tetapi bukan berarti bisa dilakukan secara sembarangan. Supaya ketiak tetap terawat dan tidak menghita karena cara mencukur yang salah, para wanita patut memahami beberapa tips ini :

Membersihkan Tubuh Sebelum Bercukur

Bercukur akan lebih maksimal hasilnya jika dilakukan sesudah mandi. Karena setelah mandi tentu kotoran dan sel-sel kulit mati pada tubuh pasti sudah terangkat. Akan lebih baik lagi jika mandi menggunakan air hangat agar pori-pori ketiak terbuka dan proses mencukur pun jadi lebih mudah.

Gunakanlah Produk Pisau Cukur yang Tepat

Tekstur bulu pada pria jelas berbeda dengan bulu-bulu pada wanita. Untuk mencukur bulu ketiak, wanita harus menggunakan pisau cukur khusus untuk wanita. Pisau cukur yang diperuntukkan untuk wanita tentu lebih lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

Posisi Mencukur yang Baik

Bukalah lengan selebar mungkin saat hendak mencukur bulu ketiak. Usahakan tidak ada lipatan kulit supaya pisau cukur bisa bekerja dengan maksimal. Lakukan gerakan mencukur satu arah dari atas ke bawah agar tidak melukai kulit.

Jangan Lupa dengan Produk Pelembap

Produk pelembap harus digunakan setelah selesai mencukur bulu ketiak hingga bersih. Pelembap yang sesuai dengan jenis kulit akan meminimalkan terjadinya iritasi akibat proses cukur. Hasilnya, kulit ketiak akan tetap sehat terawat dan tidak menghitam.Tampil keren dengan ketiak bersih tanpa bulu bukanlah sekadar mitos. Melalui proses cukur yang benar, ketiak akan bebas bulu dan penampilan pun tampak lebih bersih dan terawat.

Eksfoliasi

Langkah ini sangatlah penting untuk dilakukan sebelum proses mencukur bulu ketiak. Scrub area ketiak anda sebelum mencukurnya, supaya sel-sel kulit mati bisa dihilangkan. Dengan langkah tersebut, ketiak anda akan bersih dan tidak meninggalkan noda hitam setelah dicukur. Banyak orang yang melupakan langkah ini sehingga mereka malah mendapat tampilan ketiak hitam setelah dicukur. Jangan sampai anda melakukan kesalahan yang sama, maka dari itu anda harus selalu menerapkan langkah ini sebelum mencukur.

Basahi Ketiak

Membasahi ketiak merupakan langkah yang juga penting sebelum mencukur. Langkah ini bertujuan supaya proses mencukur ketiak berjalan mudah dan mendapat hasil yang lebih halus. Basahilah ketiak anda menggunakan gel atau foam sebelum mencukur.

Mencukur di Malam Hari

Cukurlah ketiak anda pada malam hari supaya hasil yang didapat lebih maksimal. Pada malam hari, anda akan langsung tidur setelah mencukur ketiak sehingga ketiak akan memiliki waktu untuk istirahat. Langkah ini akan sangat bermanfaat khususnya bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Hindarilah mencukur ketiak di siang hari atau sebelum melakukan aktivitas karena bisa menimbulkan terjadinya iritasi pada kulit ketiak.

Cara di atas tentunya sangat aman untuk diterapkan dan akan menghindari terjadinya iritasi. Jika anda berhasil menerapkan beberapa langkah di atas dengan benar, maka anda akan mendapat tampilan ketiak yang bersih tanpa ditumbuhi bulu. Dengan demikian rasa percaya diri anda akan kembali meningkat dan tidak akan minder saat beraktivitas atau bergaul dengan orang lain.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...