Home / Artikel Kesehatan / Hasil Riset / Wanita dan High Heels…

Wanita dan High Heels…

Banyak wanita mengaku menggunakan high heels agar  terlihat modis dan gaya. Padahal, sebuah studi menunjukkan adanya bahaya yang disebabkan oleh penggunaan high heels. Biasanya kaum wanita akrab dengan penggunaan aneka sepatu berhak tinggi, akan tetapi para wanita harus sadar dan tahu dengan studi  terbaru yang mengungkapkan, pemakaian sepatu dengan hak terlalu tinggi akan berakibat buruk bagi kesehatan sendi dan tulang kaki. Hak tinggi member tekanan besar pada bagian lutut, serta memicu degenerasi persendian.

Berikut beberapa bagian tubuh yang terkena dampak penggunaan high heels

  1. Lutut

Postur yang dihasilkan saat berjalan dengan high heels menambah paksaan pada bagian belakang lutut, daerah umum dari osteoarthritis di antara wanita. Menurut sebuah studi, tekanan sendi lutut meningkat sebanyak 25 persen ketika wanita menggunakan high heels.

  1. Postur

High heels membuat pusat massa pada tubuh ke depan, membuat pinggul dan tulang tidak lagi sejajar.Dari samping tubuh akan terlihat melengkung.

  1. Tekanan

High heels mungkin saja membuat kaki tampak lebih jenjang.  Namun, semakin tinggi hak sepatu anda , semakin tinggi pula tekanan pada kaki bagian depan pada jari-jari.

  1. Betis

Otot  betis berkontraksi dan menyesuaikan sudut dari high heels

  1. Tumor Jinak

Tinggi hak sepatu dan bagian depan sepatu yang sempat dapat menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari.

  1. Kaki akan mudah cedera, terutama bagian ankle.
  2. Peredaran darah tidak akan lancer karena terhambat di beberapa tempat.
  3. Mempengaruhi bentuk tulang dan tubuh.
  4. Mempengaruhi kesuburan dan hasrat seksual
  5. Beresiko menyebabkan patah pada tungkai kaki akibat terjatuh dari high heels yang terlalu tinggi.
  6. Bengkak pada ibu jari kaki yang bisa mengakibatkan peradangan.

Solusi :

  1. Pastikan anda memiliki beberapa jenis sepatu, dan kenakan high heels hanya pada momen-momen tertenu saja.
  2. Pilih high heels yang tingginya di bawah 1 inch agar lebih aman dan nyaman ketika di gunakan pada kaki anda.
  3. Saat berada diluar momen penting, kenakan sepatu jenis flat shoes atau sandal agar kaki dapat lebih rileks dan beristirahat.

 

  1. Lakukan terapi pada kaki, hal ini bisa dilakukan dengan berjalan- jalan di atas batu – batuan bulat atau di atas pasir pantai yang hangat. Terapi ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah.
  2. Pijat dengan rutin kaki anda.

Demikian artikel ini kami tujukan kepada kaum hawa yang hobby menggunakan high heels, harapan kami agar para kaum hawa lebih pandai untuk memilih sepatu apa yang layak dan pantas di gunakan. Baik dari segi public maupun kesehatan si pemakai. Karena jangan sampai karena gengsi dan mau tampil modis di depan publik, para kaum hawa ini mengancam kesehatannya sendiri.

Check Also

Terapi Penyakit Kandung Kemih Dengan Madu

Sebuah penelitian dipublikasikan oleh koran Al-Ahram, tanggal 22 Oktober 1985: Salah satu penelitian untuk menguji ...

...