Home / Religi / Yuk Kita SHALAT, Yuk Kita SEHAT

Yuk Kita SHALAT, Yuk Kita SEHAT

Bagi umat islam shalat merupakan kewajiban beribadah yang harus dilaksanakan, selain itu shalat juga berfungsi untuk mendekatkan diri kita kepada ALLAH S.W.T.  Dan dengan shalat mampu membuat hati dan jiwa kita tenang serta tentram.

Akan tetapi selain daripada fungsi-fungsi shalat yang telah dituliskan diatas, tahukah anda  bahwa gerakan-gerakan yang anda lakukan saat menjalankan ibadah shalat mampu memberikan banyak manfaat dalam kesehatan dalam setiap gerakannya. Anda penasaran ? “ Baiklah akan kami coba uraikan manfaat gerakan-gerakan shalat bagi kesehatan dibawah ini” , diantaranya :

  1. Niat

Gerakan ini adalah gerakan awal yang harus kita lakukan sebagai tanda langkah awal dalam shalat. Berdiri tegak dan menempatkan kedua tangan diatas dada, maka pikiran anda hanya anda fokuskan kepada ALLAH S.W.T. Anda membersihkan pikiran anda dari berbagai macam hal buruk. Tidak hanya itu, gerakan ini juga mampu menguatkan fungsi hati, jantung, paru-paru dan system sirkulasi darah dalam tubuh.

  1. Ruku’

Ruku’ adalah posisi yang anda lakukan ketika hendak sujud, saat meletakkan tangan dilutut dan membungkuk, maka sakit punggung anda bias disembuhkan. Pada posisi ini juga mampu meningkatkan fleksibilitas bahu, lutut, dan siku serta memperbaiki masalah pencernaan.

 

3. I’tidal

Gerakan bangun dari ruku’, dimana tubuh kembali tegak dan mengangkat kedua tangan hingga ke samjping telinga. Gerakan berdiri dari membungkuk ini mampu membuat pencernaan lebih sehat.

4. Sujud

Setelah ruku’, maka gerakan berikutnya yang anda lakukan adalah sujud. Umumnya orang hanya mengetahui bahwa posisi ini hanya bermanfaat untuk menyembuhkan migraine. Padahal selain posisi tersebut, sirkulasi darah yang lancer ke otak pada saat sujud juga dapat meningkatkan fungsi otak. Sujud juga mengaktifkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Duduk

Dalam shalat terdapat dua jenis duduk, yaitu tahiyat awal dan tahiyat akhir.Manfaat utamanya gerakan ini adalah menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang biasanya membuat kaki menjadi linu. Duduk pada tahiyat akhir mampu menekan aliran kandung kemih.

6. Salam

Ini  adalah gerakan yang terakhir saat melakukan ibadah shalat. Dengan menggerakkan leher anda ke kiri dan ke kanan pada gerakan memberi salam, maka masalah leher anda akan berkurang.Selain itu gerakan salam juga memiliki fungsi untuk melemaskan otot punggung atas dan leher.

Dan apabila hamba-hamba-KU bertanya kepadamu tentang AKU, maka ( jawablah ), bahwasanya AKU adalah dekat. AKU mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-KU,maka hendaklah mereka itu memenuhi ( segala perintah-KU ) dan hendaklah mereka beriman kepada-KU, agar mereka selalu berada dalam kebenaran ( Qs.Al-Baqarah : 186 )

 

Nah…,tidak hanya mendapat pahala saja ketika kita menjalankan kewajiban kita yang satu ini, shalat juga mampu membuat mental seseorang menjadilebih kuat. Dan setelah mengetahui manfaat shalat dari segi kesehatan tersebut, masihkah anda mau meninggalkan shalat ????

 

Semoga bermanfaat.

 

Check Also

Sembuhkan Asam Urat Dan Mengurangi Nyeri Sendi Dengan Resep Jus Terbaik!

Hari ini, kita akan mengungkapkan resep jus alami yang sangat efektif yang akan mengobati nyeri ...

...