Home / Artikel Kesehatan / 4 Makanan Terbaik Untuk Bunuh Pertumbuhan Kanker Prostat

4 Makanan Terbaik Untuk Bunuh Pertumbuhan Kanker Prostat

Tiga studi independen, yang dilakukan antara tahun 2004 dan 2009, menemukan bahwa teh hijau dan kunyit dan kombinasi tomat-brokoli adalah makanan  terbaik untuk pencegahan kanker prostat.

* Pengaruh polifenol dari teh hijau

Penanda klinis yang digunakan untuk menetapkan kanker prostat adalah glikoprotein, juga disebut antigen prostat (PSA). Tingkat PSA dalam serum darah diturunkan oleh agen yang mengurangi tingkat testosteron.

Teh hijau dianggap sebagai “makanan super” untuk pencegahan kanker jenis ini, karena mengandung antioksidan yang mampu mengurangi kadar PSA in vitro, dalam kultur sel kanker prostat pada pasien.

Efek dari polifenol pada tingkat PSA tergantung pada dosis penggunaan teh hijau. bahan lain dalam teh hijau, epigallocatechin, juga memberikan kontribusi untuk pencegahan kanker prostat dan kanker lainnya. (Penelitian ini dilakukan di University of Wisconsin.)

* Kunyit dengan Efek kurkuminnya

Curcumin adalah karotenoid alami dan polifenol, yang merupakan komponen penting dalam kunyit. Karotenoid berperan sebagai pemburu radikal bebas, yang membuat kunyit bersifat antioksidan kuat. Terbukti bahwa mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh vertebrata, termasuk manusia.

Curcumin juga memiliki khasiat antibakteri dan anti-kanker. Pengujian klinis  telah menunjukkan kurkumin yang, bila dikombinasikan dengan terapi radiasi, menghambat pertumbuhan berbagai tumor. Dalam kasus kanker prostat, curcumin membantu untuk menghancurkan sel-sel kanker yang masih bertahan hidup terhadap  radiasi. (Penelitian ini dilakukan di University of Kentucky.)

* Tomat dan brokoli

Studi tentang manfaat dari kombinasi tomat dan brokoli dilakukan pada tikus, namun hasilnya cukup menggembirakan.

Tomat saja dapat mengurangi pertumbuhan tumor pada hewan percobaan selama 34% dan brokoli sendiri sebesar 42%.

Namun, bila dikombinasikan dalam diet, tomat dan brokoli bersama-sama mengurangi pertumbuhan tumor dengan 52%. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya untuk meningkatkan jumlah sayuran dalam diet sebagai bentuk pencegahan kanker.

Dalam hal ini, itu menunjukkan bahwa aktivitas sinergis tomat dan brokoli adalah pencegahan yang sangat baik dari perkembangan kanker prostat. (Penelitian dari University of Illinois, Ohio)

Kesimpulanya, penelitian menunjukkan bahwa teh hijau, kunyit dan brokoli adalah makanan  yang akan membawa manfaat besar  jika diperkenalkan dalam diet sebagai pencegahan kanker prostat.

Ada makanan lain yang menunjukkan sifat pelindung dan preventif serupa, dan ini termasuk jus delima, Bok Choy (kubis Cina), kembang kol dan kedelai.

Memang, semakin banyak studi menunjukkan bahwa diet yang sehat dan makanan alami, seperti buah-buahan, sayuran dan rempah-rempah dapat membantu kita untuk melindungi kesehatan kita.

 

sumber: http://www.goodmorningcenter.**m/the-best-4-foods-for-the-prevention-of-prostate-cancer/

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...