Home / Artikel Kesehatan / 5 Hal Tak Terduga yang Menyebabkan Pori-Pori Kulit Wajah Tersumbat

5 Hal Tak Terduga yang Menyebabkan Pori-Pori Kulit Wajah Tersumbat

Pori-pori pada wajah Anda dapat tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran yang setiap hari Anda temui ketika Anda beraktivitas di luar. Pori-pori yang tersumbat yang dibiarkan tidak terawat dapat menyebabkan komedo hitam (blackhead) dan jerawat juga gangguan kesehatan kulit lainnya. Sudah banyak yang tahu bahwa sebu dan penggunaan kosmetika secara berlebihan dapat menimbulkan tersumbatnya pori-pori kulit wajah. Namun hal-hal berikut sering luput dari perhatian kta. Berikut hal-hal tak terduga yang dapat membuat pori-pori kulit Anda tersumbat.

#Hormon Anda

Sekali sebulan, wanita kehilangan kontrol atas fluktuasi hormonnya, yaitu menjelang menstruasi. Hal ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di permukaan kulit. Di saat-saat itu, gunakan make-up yang ringan saja supaya kulit wajah tetap bisa bernapas lega dan menghindari penumpukan minyak bercampur make-up yang berpotensi menyumbat pori dan membuat risiko wajah berjerawat meningkat.

#Telepon Seluler Anda

Di zaman moderen ini Ponsel sepertinya tidak bisa lepas dari genggaman Anda. Bayangkan saja, Ponsel Anda mungkin sudah terkontaminasi berbagai hal, mungkin termasuk remah-remah makanan di dalam tas. Lalu, ponsel itu bersentuhan dengan kulit pipi dan rahang Anda. Pastikan untuk membersihkan ponsel dengan bahan antibakteri setiap hari untuk menghilangkan kuman dan debu yang melekat padanya.

#Sarung Bantal Anda

Cuci seminggu sekali. Tidak ada pengecualian. Sisa make-up ataupun debu yang menempel di wajah dan rambut bisa dengan mudah menempel pada sarung bantal dan menumpuk bakteri. Kemudian akan kembali “menyerang” wajah Anda.

#Tangan Anda

Kebiasaan menopang dagu mungkin termasuk kebiasaan yang sukar hilang. Tapi bagaimanapun sulitnya, jauhkan tangan Anda yang mungkin kotor karena telah memegang banyak benda dari wajah, sebelum Anda mencuci tangan bersih-bersih.

#Asap

Wanita di daerah perkotaan tak perlu lagi diingatkan bahwa polusi membuat kulit menjadi tidak sehat dan berjerawat. Tapi, Anda bisa menggunakan bahan arang untuk memerangi efek itu. Pilih produk perawatan yang mengandung arang, karena sifatnya yang mengekstraksi racun.

Check Also

6 Makanan Alami Untuk Mengatasi Pendarahan Berlebih Saat Menstruasi Pada Wanita

Siklus menstruasi seorang wanita kadang jadi sangat menyakitkan akibat gangguan tertentu pada organ reproduksinya. Tak ...

...