Home / Artikel Kesehatan / 9 Cara Jitu Menghindari Virus Hepatitis A

9 Cara Jitu Menghindari Virus Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A adalah salah satu penyakit yang menyasar pada organ hati dan penyebabnya adalah infeksi virus. Jumlah pengidap penyakit ini di dunia diperkirakan mencapai 1 juta 4 ratus jiwa pada tiap tahunnya. Sementara di Asia Tenggara sendiri, kasus hepatitis A akut telah menyerang sekitar 400 ribuan orang per tahunnya dengan angka kematian hingga 800 jiwa. Dan yang perlu dapat perhatian khusus ternyata penderita hepatitis A kebanyakan adalah anak-anak.

Untuk mencegah Hepatitis A Anda bisa menerapkan sembilan cara pencegahan penyakit hepatitis seperti yang diuraikan oleh  Regional Coordinator di WHO South East Asia, Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K).

Perhatikan langkah-langkah berikut!

1. Biasakan selalu mencuci tangan sebelum mengolah makanan, sebelum makan dan setelah keluar toilet.
2. Jaga kebersihan alat-alat masak dan alat-alat makan dengan cara mencucinya hingga bersih
3. Tempat mengolah makanan atau Dapur harus selalu bersih, sampah padat dan cair harus dikelola dengan baik, pastikan tidak ada binatang, serangga dan lainnya.
4. Pastikan Anda menggunakan air yang bersih dan bahan makanan yang baik. Pilihlah dan pastikan bahan makanan yang digunakan masih segar. Pastikan proses memasak yang benar dan baik, cuci buah dan sayur dengan baik serta tidak menggunakan bahan makanan yang sudah kadaluarsa.
5. Hindari makan makanan dan minuman yang kotor dan berjamur.
6. Masak dan proses  makanan hingga matang, terutama daging sapi, ayam, telur, hidangan laut, rebus sup hingga 70°C.
7. Pisahkan bahan makanan matang dan mentah dengan menggunakan alat dapur dan alat makan yang berbeda saat mengolah makanan, serta simpan makanan matang dan mentah di tempat berbeda.
8. Simpan makanan di suhu aman, jangan simpan makanan matang di suhu ruangan terlalu lama, masukkan makanan ke dalam lemari es bila ingin disimpan, sebelum dihidangkan, panaskan sampai lebih dari 60°C, serta jangan terlalu lama disimpan di lemari es.
9.  Selalu menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan serta kebersihan pribadi demi menjamin kesehatan secara keseluruhan.

Sepertinya cara-cara di atas tidak terlalu rumit bahkan sudah biasa kita lakukan, tinggal menyempurnakannya saja.

 

sumber: antaranews.com

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...