Home / Artikel Kesehatan / Apa itu Ikan Oleng??

Apa itu Ikan Oleng??

Ikan oleng berasal dari genus yang sama dengan belut yaitu genus Anguilla. Ikan oleng ini tersebar di perairan Indonesia dan Australia. Sehingga dapat diperkirakan bahwa ikan ini bisa berasal dari salah satu dari kedua tempat tersebut.

Ikan oleng atau yang lebih populer disebut dengan ikan sadat atau pelus merupakan jenis ikan predator yang bentuknya mirip seperti belut. Di bagian belakang kepala hewan ini terdapat sirip yang mirip dengan telinga.

Karena sirip insang itu hewan ini terkadang disebut belut bertelinga. Ikan ini hidup di air sungai, muara, ataupun rawa. Berbeda dengan belut yang lebih senang hidup di daerah berlumpur.

Persebaran ikan oleng di seluruh dunia terdapat di beberapa titik, yaitu Laut Atalantik Selatan, Laut Timur Pasifik, Perairan Timur Laut Australia, dan Pantai Barat Amerika. Indonesia merupakan titik strategis bagi penyebaran ikan oleng karena arus persebaran di keempat titik tadi selalui melewati Indonesia.

Ikan oleng ini memiliki gizi yang sangat tinggi, bahkan sebagian sumber menyebutkan gizinya lebih tinggi daripada ikan salmon. Oleh karena itulah mungkin banyak sekali yang membudidayakan ikan oleng sekarang.

Ikan oleng hidup di laut tetapi dapat bertahan di air tawar dalam kolam budidaya buatan. Fauna ini memiliki panjang tubuh 0,5 – 2,5 meter dan memiliki moncong seperti ikan pada umumnya. oleng memiliki sirip memanjang dari dada hingga ekor. Warna sisik oleng terlihat putih keabu-abuan dan transparan, sehingga terlihat berpendar jika terkena cahaya.

Bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi juga masakan ini dipercaya mampu membangkitkan vitalitas, Konon orang kita dulu menyantap ikan ini hanya untuk obat kuat laki-laki.

Selain itu, Omega 3 yang didapat dari ikan ini dipercaya mampu meningkatkan fungsi mental, memori, dan konsentrasi manusia. Zat yang banyak terdapat dalam lemak sidat ini juga terbukti mampu mengobati depresi, gejala penyakit kejiwaan atau schizophrenia. Mengkonsumsi ikan sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai anti oksidan, menghilangkan racun tubuh, serta memperlambat penuaan.

Mengkonsumsi ikan sidat juga dipercaya mampu menurunkan kandungan lemak tak baik di dalam darah, menghindari penyakit aterosklerosis serta mengurangi keletihan. Sudah banyak terbukti, mengkonsumsi ikan sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Juga memperbaiki sikulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal, mengobati pembuluh darah otak. Banyak orang merasakan manfaat mengkonsumsi ikan sidat untuk penyakit rabun jauh, rabun dekat, glukoma dan penyakit mata kering di sebabkan karena mata terlalu lelah. Mengkonsumsi ikan sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai anti oksidan, menghilankan racun tubuh, serta memperlambat penuaan.

Sudah banyak terbukti, mengkonsumsi ikan sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat dan perkembangan otak besar, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Juga memperbaiki sirkulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal, mengobati pembuluh darah otak.

 

 

 

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...