Home / Apotik Hidup / Bayam Duri Khasiatnya Mulai Dari Mengobati Gusi Berdarah, Bisul Hingga Pelancar ASI

Bayam Duri Khasiatnya Mulai Dari Mengobati Gusi Berdarah, Bisul Hingga Pelancar ASI

Bayam duri yang merupakan salah satu spesies dari genus Amaranthus ini ternyata berbeda dengan bayam yang biasa kita beli di tukang-tukang sayur atau di pasar, karena teksturnya yang sedikit kasar dan pastinya berduri.

Bayam duri banyak tumbuh liar di pekarangan rumah dan kebun-kebun. Banyak orang yang menyepelekan tanaman ini hingga tak jarang tanaman ini justru dibasmi karena dianggap semak pengganggu. Padahal bayam duri memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

dr. Setiawan Dalimartha dalam majalah Trubus Agriwidya (1999) menjelaskan bahwa bayam duri bisa digunakan untuk pengobatan bisul yang keras, melancarkan pengeluaran ASI, pengobatan gusi yang bengkak berdarah, kutil, ekzema, luka bakar dan bekas gigitan ular berbisa.

Untuk mengobati gusi yang luka dan berdarah, petiklah beberapa lembar daun tanaman bayam duri, lalu dibakar dengan alas genteng hingga kering kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Setelah kering dan jadi bubuk, oleskan pada bagian yang sakit.

Untuk pengobatan bisul, siapkan bayam duri segar secukupnya, cuci sampai bersih lalu digiling halus. Setelah itu campurkan madu secukupnya, tempelkan pada bagian kulit yang bisul lalu dibalut. Diganti dua kali sehari.

Bagi ibu-ibu menyusui bayan duri memiliki khasiat melancarkan produksi ASI. Caranya siapkan 1 batang bayam duri, cuci sampai bersih lalu digiling halus. Pakai sebagai tapal disekitar payudara.

Check Also

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Bunga Ini Tak Hanya Menyehatkan Tapi Juga Menhilangkan Perasaan Galau

Kalo kamu yang sering pergi ke Bali, pasti gak akan asing lagi melihat banyak bunga ...

...