Home / Artikel Kesehatan / Berenang Di Air Laut Tingkatkan Sirkulasi Darah dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berenang Di Air Laut Tingkatkan Sirkulasi Darah dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berenang di laut dapat meningkatkan mood Anda dan juga kesehatan Anda. Hippocrates pertama kali menggunakan kata “thalassotherapy” untuk menggambarkan efek penyembuhan dari air laut, menurut Pacific Naturopathic. Yunani Kuno sangat menghargai manfaat kesehatan dan kecantikan dari air yang kaya mineral ini. Juga  mandi dan berrendam dalam kolam penuh air laut dan kolam air panas. Diantara beberapa manfaat, berenang di air laut dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, mempromosikan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan melembabkan kulit Anda.

Air laut mengandung unsur penting, vitamin, garam mineral, elemen, asam amino dan mikroorganisme hidup yang dapat menghasilkan efek antibiotik dan antibakteri untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Kabarnya, komponen air laut, mirip dengan plasma darah manusia, mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh Anda saat berenang. Menghirup uap air laut yang penuh dengan ion bermuatan negatif, atau molekul yang menempel pada paru-paru Anda juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut dokter naturopati Connie Hernandez. Selain itu, para pendukung mengklaim bahwa berenang di air laut membuka pori-pori di kulit untuk memungkinkan penyerapan mineral laut dan mengusir racun penyebab penyakit di tubuh.

Berenang di air laut dapat membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh Anda. Sistem peredaran darah Anda  yang terdiri dari jantung, pembuluh kapiler, arteri dan vena  membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh Anda, kemudian kembali ke jantung Anda lagi. Tujuan utama dari thalassotherapy, atau terapi air laut, adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah. Berenang atau mandi di air laut yang hangat meningkatkan sirkulasi dengan mengembalikan mineral penting yang habis karena stres, pola makan yang buruk dan racun lingkungan, menurut situs Experience Thalasso.

Air laut digunakan oleh banyak orang untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berenang di air laut yang hangat konon mengaktifkan mekanisme penyembuhan tubuh untuk melawan kondisi seperti asma, artritis, bronkitis dan penyakit inflamasi, serta sakit umum dan nyeri. Air laut yang kaya kandungan magnesium konon juga dapat merilekskan otot Anda, mengurangi stres dan membantu menginduksi tidur. Magnesium menekan saraf untuk meredakan iritasi saraf untuk rasa peningkatan ketenangan, menurut pelopor kesehatan dan penulis J.I. Rondale.

Magnesium dalam air laut juga dapat membantu melembabkan dan memperbaiki penampilan kulit Anda. Menurut sebuah studi di Februari 2005 edisi “International Journal of Dermatology,” mandi dalam larutan  Garam laut yang kaya magnesium membantu mempromosikan kelembaban kulit. Orang dengan kulit kering atopik, atau kekeringan di permukaan kulit, merendam salah satu tangannya selama 15 menit dalam larutan mandi yang mengandung 5 persen Garam laut mati dan tangan lainnya dalam air keran biasa. Para peneliti menemukan bahwa larutan garam meningkatkan hidrasi kulit dan secara signifikan mengurangi gejala peradangan kulit seperti kemerahan dan kekasaran bila dibandingkan dengan air biasa. Manfaat kulit diamati dikaitkan dengan kandungan magnesium tinggi garam di Laut Mati.

sumber: http://www.livestrong.com/article/400377-what-are-the-health-benefits-of-swimming-in-sea-water/

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...