Home / Resep Ramuan Herbal / Biji Nangka Sayang Bila Dibuang Karena Manfaatnya Segudang

Biji Nangka Sayang Bila Dibuang Karena Manfaatnya Segudang

Nangka demikian gampang untuk kita temui, tetapi siapa kira, buah yang kerap kita konsumsi ini ternyata mempunyai manfaat yang begitu mengagumkan bagi kesehatan.

Selain sering dipakai sebagai kombinasi es buah. Nangka juga adalah satu diantara penghasil kalori sehat, seperti yang ada pada buah durian. Memiliki kandungan fruktosa serta glukosa yang bisa digunakan sebagai sumber daya tubuh.

Lebih dari itu buah nangka juga menngandung  mineral utama serta didalamnya terdapat nutrisi yang begitu diperlukan tubuh. Sebut saja diantaranya nangka memiliki kandungan vitamin B, vitamin A, vitamin C serta mineral seperti fosfor, magnesium, kalsium, kalium, serta seng. Dengan beragam manfaat yang ada di dalam buah nangka, buah ini layak untuk dijadikan sebagai menu varian buah harian untuk memenuhi pola makan 4 sehat 5 Sempurna.

Bila Makan buah nangka jangan langsung membuang bijinya, karena ternyata biji-biji buah nangka mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Sudah banyak yang tahu jika biji nangka memiliki rasa yang sangat enak, karenanya seringkali dimasak atau diolah menjadi cemilan yang enak dan bergizi.

Gizi yang terkandung dalam biji buah nangka diantaranya : protein, karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, kalsium, zink dan fosfor. Selain itu, biji nangka juga kaya akan fitonutrien, diantaranya : isoflavon, saponin, dan lignan yang merupakan antioksidan pencegah kanker. Hem, pasti Anda tidak pernah menyangka jika biji nangka yang sering berakhir di tempat sampah, justru mengandung manfaat yang luar biasa. Agar lebih jelasnya, simak manfaat buah nangka lainnya berikut ini :

Mencegah Keriput

Kandungan antioksidan dan Vitamin C yang tinggi dalam biji nangka sangat ampuh membantu mencegah keriput di kulit wajah. Caranya dengan menjadikan biji nangka sebagai masker, yakni : haluskan biji nangka dan campurkan dengan susu dingin. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mencegah konstipasi

Kandungan serat yang tinggi dalam biji nangka ampuh mencegah dan mengatasi konstipasi. Selain itu, kemampuan mengeluarkan racun tubuh (detosifikasi) membuat biji nangka sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Atasi noda hitam/flek pada kulit

Selain membuat kulit mulus, biji nangka juga membantu mengatasi noda atau flek hitam di kulit wajah. Caranya cukup hancurkan biji nangka dan campurkan dengan yogurt. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam biji nangka ampuh mengatasi masalah anemia. Caranya mudah, cukup rebus atau kukus biji nangka hingga empuk, Anda bisa menikmatinya sebagai cemilan.

Meminimalisir stress

Kandungan protein dan mikronutrisi dalam biji nangka sangat ampuh membantu meminimalisir stress yang dapat membahayakan kesehatan.

Menyehatkan rambut

Biji nangka ampuh membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga kesehatan rambut lebih terjaga dan vitamin A didalamnya juga dapat mencegah masalah rambut, seperti : rontok dan patah.

Check Also

Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi Biasa? Buat Sendiri Pasta Gigi Anda Di Rumah! Gigi Lebih Putih Dan Bersih!!

Tahukah Anda, bahwa selama perjalanan hidup kita, orang dewasa dapat mengkonsumsi hingga 75 liter pasta ...

...