Home / Artikel Kesehatan / Bila Anda Menemukan Gejala Ini, Maka Anda Positif Alergi Gluten

Bila Anda Menemukan Gejala Ini, Maka Anda Positif Alergi Gluten

Gluten merupakan sejenis protein yang berasal dari barley, rye dan kadang-kadang juga pada gandum. Jika Anda alergi terhadap  gluten, makanan-makanan yang terbuat dari biji-bijian tersebut tadi  bisa membuat Anda sakit. Alergi karena gluten dikenal dengan beberapa istilah di antaranya intoleransi gluten, sensitivitas gluten, penyakit celiac, sariawan dan juga disebut sariawan non tropis.

Dalam semua kondisi ini, makan makanan yang mengandung gluten akan merusak lapisan usus dan mengganggu penyerapan nutrisi. Untuk selanjutnya akan menyebabkan gangguan dan gejala gastrointestinal dan non gastrointestinal.

Gejala yang ditunjukan oleh penderita alergi gluten:

Masalah pencernaan

Masalah pencernaan adalah gejala paling umum dialami penderita alergi gluten. Pembentukan gas, disentri, konstipasi, dan perut kembung adalah beberapa gejalanya. Konstipasi adalah keluhan tersering yang dirasakan orang dengan intoleransi gluten.

Kelelahan

Kelelahan atau kebingungan sesaat setelah makan makanan yang mengandung gluten misalnya roti adalah gejala bahwa Anda sensitif terhadap gluten.

Gejala saraf

Sakit kepala dan ketidakseimbangan tubuh adalah masalah saraf yang menjadi indikasi adanya gluten dalam makanan dan gejala tubuh Anda memiliki sensitivitas gluten.

“Kulit ayam”

Bila Anda menemukan bentol-bentol kecil di kulit tanpa sebab, dan muncul bila anda makan makanan bergluten, bisa jadi ini merupakan  Gejala alergi yang disebut “kulit ayam” yang sering ditemukan di belakang lengan Anda yang merupakan indikasi Anda positif menderita alergi gluten.

Pembengkakan

Pembengkakan atau sakit di jari-jari, lutut, atau paha adalah salah satu hasil dari respons negatif tubuh Anda terhadap makanan kaya gluten.

 

sumber:

carakhasiatmanfaat.com

okezone.com

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...