Home / Resep Ramuan Herbal / Buah Plum Manfaat Dan khasiatnya, Sayang Masih Buah Import…..

Buah Plum Manfaat Dan khasiatnya, Sayang Masih Buah Import…..

Buah plum jarang diketahui oleh banyak orang, bahkan nama plum saja orang masih banyak yang asing. Hal itu dikarenakan tidak semua orang bisa menjumpai plum dan dapat merasakan buah plum. Harganya yang mahal dan sulitnya menjumpai buah ini menjadi alasan bahwa buah ini termasuk buah dengan kelas menengah ke atas.

Tentang Buah Plum

Asal buah ini berasal dari China, sehingga digolongkan sebagai buah import. Namanya saja buah import. Tentu harga yang ditawarkan cukup mahal.

Buah Plum Manfaat Dan khasiatnya, Sayang Masih Buah Import
Plum adalah, buah manis rendah kalori yang merupakan buah pembangkit tenaga listrik vitamin, mineral, antioksidan, dan fitonutrien. Plum adalah sumber vitamin yang sangat baik vitamin A, C, B-6, & K. plum juga kaya mineral seperti tembaga, besi, mangan, kalium, fosfor, dan magnesium. Magnesium di plum bekerja sebagai obat penenang alami yang dapat kesungguhan saraf Anda dan juga bekerja sebagai katalis untuk mengembalikan tidur di zona nyenyak yakni  zona REM alami Anda.

Beberapa manfaat makan buah  plum secara teratur termasuk peningkatan kualitas penglihatan mata, kulit yang bercahaya, fungsi otak yang sehat, saluran pencernaan yang baik, mengurangi peradangan, perlawanan terhadap pilek dan infeksi, dan metabolisme ditingkatkan. Plum yang sangat baik untuk gangguan pencernaan seperti IBS, gastritis, dan sembelit.

Plum juga sangat baik untuk penyakit autoimun seperti sindrom kelelahan kronis, rheumatoid arthritis, PPOK, fibromyalgia, Raynaud, cardiopathy, lupus, vertigo, dan kolitis. Untuk rasa terbaik, tunggu sampai plum sepenuhnya matang dan bertekstur sangat lembut. Plum tersedia dalam berbagai warna dari ungu gelap ke kuning dan merah ,buah plum cocok untuk tambahan hidangan sejenis salad, smoothies, dan jus.

Banyak Manfaat dan Khasiat Dari buah Plum ini diantaranya

Mencegah Radikal Bebas.

Radikal bebas berasal dari zat polutan dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Radikal bebas dijaman seperti saat ini ada dimana saja. Zat Dalam Plum Yang Menangkal Radikal Bebas. Plum memiliki senyawa-senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut adalah berikut ini :
Vitamin C dan fitonutrisi
Cryptoxanthin, zea-xanthin
Asam neochlorogenic
Klorogenat

Menghentikan Luka Akibat Radikal Bebas.

Jika Anda terlanjur dilukai oleh radikal bebas. Anda bisa menghentikan membran luka yang dihasilkan oleh radikal bebas dengan mengkonsumsi buah plum. Zat di dalam buah plum mengandung fenol yang berfungsi untuk melindungi lemak bersifat essensial dalam neuron sehingga membran luka pun bisa berhenti dan mengecil.
Mengobati Obesitas. Obesitas merupakan faktor kegemukan yang bisa diakibatkan genetik dan juga karena faktor makanan. Mengkonsumsi buah plum yang kaya serat bisa bermanfaat dalam proses diet sehingga obesitas akan berkurang. Manfaat apel juga dapat membantu menurunkan obesitas dan diet anda.

Menghindarkan Dari Komplikasi Obesitas.

Penyakit obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi misalnya saja jantung, diabetes, stroke dan masih banyak lagi lainnya. Mengkonsumsi plum bisa bermanfaat untuk menyerang sindrom metabolik dengan menggunakan zat bioaktif yang ada di dalam buah plum.
Zat Dalam Buah Plum Yang Bermanfaat Untuk Menghindari Komplikasi Akibat Obesitas
Flavonoid
Senyawa fenolix ( anthocyanin, asam klorogenat, quercetin dan cathechindalam plum ) berfungsi untuk menghindarkan seseorang dari efek buruk obesitas dan juga bermanfaat sebagai anti inflamasi.
Sel-sel lemak nabati dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan dari efek obesitas termasuk diabetes juga penyakit kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Tulang.

Tulang rawan untuk terkena osteoporosis. Jika seseorang terkena osteoporosis akibatnya adalah penderita tidak bisa berjalan akibat tulangnya mengalami pengeroposan. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang bisa menggunakan buah plum.
Zat Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang
Zat anabolik dan juga anti resorptive bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang
Flavonoid khususnya asam caffeic bermanfaat dalam penghambatan kerusakan jaringan yang ada di dalam tulang, sehingga wanita dalam pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis.
Polifenol bersama dengan kalium bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang juga mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh hormon yang ada di dalam ovarium.

Membantu Sistem Pencernaan.

Buah plum yang kaya serat bermanfaat dalam proses pencernaan di dalam tubuh. Plum merupakan sumber serat yang baik. Plum bisa melancarkan pencernaan sehingga menghindarkan dari penyakit sembelit. Dibandingkan dengan zat psyllium, serat di dalam plum lebih banyak. Selain plum, manfaat kulit manggis juga ampuh untuk pencernaan.
Zat yang Bermanfaat Dalam Proses Pencernaan
Zat senyawa sorbitol dalam plum membantu usus dalam sistem pencernaan.
Senyawa isatol bermanfaat dalam mengatur sistem pencernaan.
Sorbitol dan isatin jika digabungkan bisa bermanfaat memberikan efek pencahar sehingga dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus. Membantu meningkatkan pembilasan limbah di dalam usus besar.

Melindungi Tubuh Dari Penurunan Kognitif.

Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Dalam penurunan kognitif tubuh akan mudah mengalami penyakit parkinson, alzheimer dan juga stroke. Mengkonsumsi jus plum setiap hari bermanfaat melindungi tubuh dari penurunan tersebut.
Zat Yang Bermanfaat Dalam Penurunan Kognitif
Zat flavonoid merupakan zat yang paling dominan untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif.
Fitonutrisi dalam plum bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis. Fitonutrisi juga bermanfaat meningkatkan memori otak sehingga terhindar dari kepikukan serta alzheimer.
Plum Mengandung kolesterol Baik Dan Sehat. Kolesterol sehat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah berbagai penyakit atau gangguan tubuh. Manfaat kentang dan manfaat rambutan juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kolesterol.

Manfaat Kolesterol Baik Dan Sehat

Kolesterol sehat bermanfaat mencegah hiperkolesterolemia dan juga hiperlipidemia. Hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia merupakan gangguan di dalam tubuh akibat kolesterol jahat.
Jus plum bisa bermanfaat untuk mempertahankan plasma yang sehat dan juga mempertahankan kolesterol sehat dalam hati.

Kolesterol sehat bermanfaat dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat dan menambah jumlah kolesterol baik.
Mengatasi Diabetes. Meski buah mengandung glukosa alami namun ada buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dikarenakan bisa menaikkan kadar gula darah. Buah yang tidak boleh dikonsumsi adalah sawo, semangka dan juga mangga. Manfaat buah plum jika dikonsumsi bisa mengatasi diabetes.

Cara Kerja Plum Mengatasi Diabetes

Plum akan memberikan efek berupa anti hiperglikemia dimana efek itu bermanfaat untuk mengatasi diabetes.
Mengkonsumsi jus plum atau buah plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dan tingkatan trigliserida di dalam tubuh.

Zat flavonoid di dalam plum bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kadar insulin dan meningkatkan kesensitivan insulin yang ada di tubuh.

Sistem Saraf Menjadi Lancar. Bagi yang memiliki penyumbatan di sistem saraf dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi plum. Kandungan vitamin di dalam plum sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem saraf.
Kandungan Dalam Plum Yang Bisa Melancarkan Sistem Saraf
Vitamin B6 membantu saraf dalam bertransmisi sehingga bisa membantu fungsi dari kelancaran sistem saraf .
Triptofan dan asam amino di dalam buah plum bermanfaat untuk memproduksi neurotransmitter serotonin dimana zat itu berperan penting dalam membantu tidur menjadi nyenyak, meningkatkan konsentrasi dan juga menambah nafsu makan.

Menyehatkan Sel Di Dalam Tubuh.

Sel di dalam tubuh bisa sehat dikarenakan buah plum memiliki kandungan tembaga yang berfungsi sebagai antioksidan. Tembaga dalam plum juga bermanfaat untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Plum juga bisa mencegah penyakit anemia dikarenakan zat besi di dalamnya.

Mengatasi Depresi.

Plum buah yang multifungsi, dengan kandungan anxiolytic, asam chlorogenic dan antioksidannya membantu menghilangkan depresi. Kecemasan yang berlebihan pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah plum.

Mengatasi Flu. Kandungan lektin yang ada di dalam plum bermanfaat untuk menghambat dan mengobati infeksi yang diakibatkan oleh virus influenza.

Menyehatkan Ibu Hamil.

Saat hamil mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menyehatkan janin dan ibu hamil. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kehamilan adalah plum. Karena buah plum mengandung banyak vitamin dan mineral yang dubutuhkan selama kehamilan. Senyawa di dalam plum memiliki manfaat untuk kesehatan mata, perkembangan tulang janin dan juga pembentukan sel janin. Saat mengkonsumsi plum untuk ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan gula. Gula bisa menyebabkan kadar gula ibu hamil naik dan menyebabkan bayi menjadi besar dalam kandungan.

Membantu Proses Pembekuan Darah. Plum mengandung banyak vitamin, salah satunya adalah vitamin K. Vitamin K bermanfaat dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Check Also

Resep Vitalitas Pria Dengan Madu Dari Buku Kedokteran Nabi

Memunculkan Gairah seksual. Madu mengandung sejumlah zat yang mapu menambah stasmina seksual seperti: asam aspartik,sejumlahhormon,dan ...

...