Home / Apotik Hidup / Cara Pakai Komfrey Untuk Obati Penyakit Dari Hipertensi, Penyakit Paru Hingga Ambeien

Cara Pakai Komfrey Untuk Obati Penyakit Dari Hipertensi, Penyakit Paru Hingga Ambeien

Komfrey yang memiliki nama latin Symphytum officinale L. dikenal juga dengan sebutan  Comfrey, knit bone, K’ang fu li (Cina). Tanaman ini termasuk dalam keluarga   Boroginaceae. Komfrey memiliki kandungan kimia  yaitu symphytine, echimidine, anadoline, alkaloid pyrrolizidine (Pas), tanin, minyak atsiri, allatonin dan vitamin B1, B2, C dan E.

Biasanya tanaman ini dibuat sebagai obat, bagian tanaman yang dapat dipakai sebagai obat herbal adalah daun dengan atau tanpa tangkai atau akar. Perbanyakan tanaman dengan  menggunakan anakan. Pemeliharaan tanaman komfrey sangat mudah, perlu cukup air dengan  cara penyiraman yang  cukup menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. Tanaman herba, membentuk rumpun, tinggi 20-50 cm. Batang semu, tidak berkayu, bertangkai. Daun tunggal, bulat telur, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, permukaan kasar, panjang 27-50 cm, lebar 4-14 cm, pertulangan menyirip, warna hijau. Bunga majemuk, bentuk corong, bertaju lima, warna putih kekuningan. Buah bulat, tiap buah terdiri atas 4 biji.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya.

Mengobati Hipertensi

Daun segar 4 lembar dilalap, setelah dilemaskan dengan garam dan dicuci. untuk 2 kali atau daun segar 4 lembar di juice, sarinva diminum. untuk 2 kali.
Atau dapat dilakukan dengan cara :Daun 4 lembar direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. minum airnya 2 kali sehari.

Mengobati Diabetes atau Kencing Manis

Daun komfrey yang segar 4 lembar dilalap begitu saja, setelah dilemaskan dengan garam dan dicuci. Untuk 2 kali, Daun segar 4 lembar di juice, sarinya diminum, untuk 2 kali. atau lakukan cara berikut: Daun 4 lembar direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas, minum airnya 2 kali sehari

Cara-cara konsumsi Komfrey di atas juga dapat dipakai untuk mengobati pasien dengan penyakit berikut:

Hipotensi/ Tekanan Darah rendah

Kolesterol tinggi

Leukimia (HB yang rendah)

Pnumonia

Asthma

Gangguan pencernaan

Batu Ginjal

Kencing darah

Gangguan empedu

Tumor dan kanker

Ambeien, dll.

sumber: https://tanamanherbal.wordpress.com/2007/12/16/komfrey/

Check Also

Mendiagnosa Penyakit Pasien Melalui Wajah

Berikut ini sebuah tulisan Dari Mookil Nam, Seorang Ahli Pengobatan Tradisonal Korea ,dalam bukunya berjudul ...

...