Home / Artikel Kesehatan / Daging Kalkun beserta manfaatnya

Daging Kalkun beserta manfaatnya

Daging kalkun merupakan daging dari ayam kalkun, unggas yang banyak dipelihara di Eropa dan Amerika Serikat. Hewan ini memiliki banyak peran dalam perkembangan budaya masyarakat di sana. Daging kalkun utuh biasa disajikan dalam perayaan thanksgiving dan Natal.

Tradisi mengkonsumsi daging kalkun di hari raya menyebar di kalangan atas penduduk Inggris pada abad ke 17,sedangkan kaum buruh mengkonsumsi daging angsa yang dipanggang.

Ayam kalkun masih belum cukup familier di telinga masyarakat Indonesia. Padahal di Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa, kalkun sudah di budidayakan sebagai penghasil daging, seperti halnya ayam dan itik. Manfaat daging kalkun ternyata berlimpah. Selain rendah kolesterol, daging kalkun dipercaya bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi otak karena mengandung banyak vitamin.

ISTIMEWANYA KALKUN
Daging kalkun diagungkan karena memiliki kandungan gizi yang baik. Bahkan, nutrisi kalkun disebut-sebut lebih baik dari ayam kampung yang jelas-jelas sudah diklaim memiliki kandungan protein tinggi dan kandungan lemak yang rendah. Benarkah? Protein merupakan sumber nutrisi penting untuk pertumbuhan. Kandungan protein pada dada kalkun mencapai sekitar 49 persen, lebih tinggi dibandingkan dada ayam kampung yang persentasenya sebesar 46 persen. Sedangkan untuk kandungan lemak dan kolesterol, sangat tergantung dari cara pengolahannya. Jika lapisan lemak yang berada di bawah kulitnya sudah dibuang, otomatis kandungan lemak dan kolesterol akan berkurang. Kandungan lemak ayam kalkun berada di kisaran 2 – 4 persen, sedangkan ayam kampung lebih tinggi di kisaran 1 – 6  persen.

Satu porsi (300 g) daging kalkun cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin B3 (niasin) yang berperan dalam mengolah lemak tubuh, membantu menurunkan, serta mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Sedangkan kandungan mineral (kalsium, natrium, dan mangan) tak jauh beda antara kalkun dan ayam kampung alias ayam buras. Agar mendapat khasiat maksimal dari daging kalkun, ada baiknya Anda memilih kalkun yang berasal dari pemeliharaan
secara organik, yang tidak terkena obat-obat kimia dan antibiotika. Pastikan juga Anda selektif dalam memilih klaim organik yang bersertifi kat tepercaya.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari kalkun:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daging kalkun kaya akan protein dan asam amino yang tidak hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan protein Anda, namun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Mencegah kolesterol

Lemak yang terkandung di dalam daging kalkun adalah jenis lemak tak jenuh. Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir akan terkena kolesterol apabila Anda mengonsumsi kalkun karena kalkun mampu mencegah kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah kanker

Salah satu manfaat kesehatan dari daging kalkun adalah dapat mencegah kanker karena banyaknya mineral yang terkandung di dalamnya.

4. Aman bagi penderita diabetes

Ternyata daging kalkun baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena daging kaluk mampu mengatur tingkat insulin di dalam tubuh.

Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi daging kalkun karena ternyata daging kalkun menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

 

 

 

Check Also

Tinggalkan Cara Lama Anda Menggosok Gigi, Gunakan Cara Ini Untuk Putihkan Gigi Anda!

Senyum dengan gigi putih cemerlang adalah dambaan banyak orang. Namun tak jarang pemasalahan gigi kuning ...

...