Home / Tehnik Pengobatan / Ruqyah Syariyah / Fenomena Mimpi Dan Ruqyah Diagnosa , Setan Membuat Lupa Akan Mimpi

Fenomena Mimpi Dan Ruqyah Diagnosa , Setan Membuat Lupa Akan Mimpi

Sebgaimana kita ketahui bahwa mimpi seorang muslim itu bisa menjadi kabar gembira dari Allah SWT tentang kehidupannya dimasa lalu,masa sekarang,dan masa yang akan datang.Melalui mimpi inilah kita bisa mengetahui bagaiman kehidupan kita pada tiga fase tersebut diatas.Disini saya,sekali lagi mengingatkan,hanya akan membahas masalah mimpi-mimpi seseorang yang sedang diganggu setan,bukan mimpi-mimpi seseorang yang sehat.Saya ingatkan juga bahwa mimpi-mimpi seseorang yang sakit itu selalu berulang-ulang,bukan sekali saja.Mimpi-mimpi adalah bagian yang harus menjadi bagian terpenting bagi seorang peruqyah didalam menentukan apa yang menimpa pasien dihadapannya.Tapi sayang…!!! Sering mimpi-mimpi pasien ini tidak luput dari bagian yang harus dimusnahkan oleh setan dengan tujuan agar pasien ini tidak menceritakan mimpinya kepada peruqyah.Kalaupun setan ini tidak bisa membuat pasien melupakan mimpinya,tapi dia akan menghalangi-halangi pasien untuk menceritakannya pada peruqyah.

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya,mimpi-mimpi pasien ini menunjukkan beberapa hal seperti:
1.Jenis penyakit pasien
2.Jenis jin yang merasuki
3.Kuat dan lemahnya jin yang mengganggu.
4.Berhasil dan tidaknya ruqyah yang sedang dijalani oleh pasien.
Keempat hal diatas adalah kabar gembira dari Allah SWT untuk pasien agar memahami keadaannya yang sebenarnya atau memahami apa yang sedang menimpanya dan setelah itu dia bisa melakukan ikhtiar yang syar’i.Perlu diketahui,setan tidak akan membiarkan karunia Allah apapun bentuknya untuk sampai kepada seorang muslim karena sifat awal setan yaitu hasad/dengki.Semua ini sudah dicontohkan oleh Allah dalam firman-Nya sbb:
قَالَ أَرَأَيْتَ إِذْ أَوَيْنَا إِلَى الصَّخْرَةِ فَإِنِّي نَسِيتُ الْحُوتَ وَمَا أَنْسَانِيهُ إِلَّا الشَّيْطَانُ أَنْ أَذْكُرَهُ ۚ وَاتَّخَذَ سَبِيلَهُ فِي الْبَحْرِ عَجَبًا
“Muridnya menjawab: “Tahukah kamu tatkala kita mencari tempat berlindung di batu tadi, maka sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidak adalah yang melupakan aku untuk menceritakannya kecuali syaitan dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali”.(Al-Kahf: 63).

Didalam surah yusuf Allah SWT juga menjelaskan tentang peran setan yang membuat teman Nabi Yusus عليه السلام lupa pesan Nabi Yusuf untuk menyampaikan keadaannya didalam penjara.
وَقَالَ لِلَّذِي ظَنَّ أَنَّهُ نَاجٍ مِنْهُمَا اذْكُرْنِي عِنْدَ رَبِّكَ فَأَنْسَاهُ الشَّيْطَانُ ذِكْرَ رَبِّهِ فَلَبِثَ فِي السِّجْنِ بِضْعَ سِنِينَ
“Dan Yusuf berkata kepada orang yang diketahuinya akan selamat diantara mereka berdua: “Terangkanlah keadaanku kepada tuanmu”. Maka syaitan menjadikan dia lupa menerangkan (keadaan Yusuf) kepada tuannya. Karena itu tetaplah dia (Yusuf) dalam penjara beberapa tahun lamanya”.(Surah Yusuf:42).

Dari penjelasan diatas,anda jangan heran kenapa anda sering lupa mimpi-mimpi anda.Mimpi-mimpi yang berupa kabar gembira akan menjadi kedengkian setan dan dia akan berusaha membuat anda melupakannya.Terakhir saran saya dan akan terus saya sarankan kepada siapa saja yang sedang ditimpa gangguan jin dengan berbagai macam jenisnya,agar selalu mencatat setiap mimpi-mimpinya lalu didiskusikan dengan para peruqyah.

Mimpi itu ada 3 : 1) Busyro Minalloh [Dari Allah], 2. Takhzinus Syaiton [Dari Setan] ,3. Haalatun Nafsiyah [Bunga tidur]

Jika Mimpi Solusinya :

1) Penangkalnya adalah Doa, Doa Mimpi Buruk.

Audzu Billahi Min Syarri Ma Roitu Fil Manam, Kalau tidak bisa maka ta’awudz saja.

2) Kemudian meludah ke sebelah kiri. dengan niat istihza’ Lisyayathin (Menghina setan), Kemudian sholat sunah 2 rokaat sesuai waktu mimpi, bisa tahajud, dhuha, tahiyatul masjid DLL. kalau ada larangan sholat ya sholat sunah mutlak.

3) Tidur lagi dengan arah yg tidak sama dengan tidur semula, Penting jangan tengkurap karena ahli neraka tidurnya tengkurap. hendaknya tidur alal jambil aiman (arah kanan)

Jika Mimpi Baik, Adabnya :

1. Ucapkan Hamdalah (Alhamdulillah)

2. Jangan menceritakan mimpi baik pada sembarang orang tapi khusus kepada orang yg ia cintai ketika mimpi itu diceritan kepadanya, kenapa ? karena kalau diceritakan orang hasad maka bisa di ta’birkan artinya salah kemudian kita PERCAYA pada orang yg mengartikanya. Dan Zaman sekarang ini sulit mencari Ulama/Kyai/Ustadz yg membidangi khusus ta’bir mimpi.

3. Kalau pingin tahu artinya tanyakan kepada ahli bahasa mimpi bukan kepada peramal/paranormal/dukun.

Ta’birkan mimpi anda pada orang yang ‘ALIM (Ngerti Agama), NASIHIN (Suka memberi nasehat/Kyai Sepuh), LABIBIN (orang yg baik dalam menyampaikanya, walaupun mimpinya jelek misalkan tapi ia tahu cara nyampaikanya juga baik) namun, jika tidak ada orang dengan 3 syarat tersebut, LEBIH BAIK DIAM, SIMPEN SAJA.

Sebagaimana Kisah Nabi Yusuf AS dalam ALqur’an, yang bermimpi matahari sujud kepadanya (mimpi baik ta’birnya jadi raja) lantas ayahnya (Nabi Ya’kub Bin Ishaq Bin Ibrahim A.S) mengatakan kepadanya (Surat Yusuf 12 : 5):

قال يبنى لا تقصص رئياك على إخوتك فيكيدوا لك كيدا…

” Ayahnya berkata: “Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan) mu…..”
TA’BIR MIMPI DALAM ISLAM, MIMPI SHOLAT.

قال الأستاذ أبو سعيد رحمه الله: الأصل في رؤيا الصلاة في المنام إنها محمودة ديناً ودنيا وتدل على إدراك ولاية ونيل رسالة أو قضاء دين أو أداء أمانة أو إقامة فريضة من فرائض الله تعالى

Ustadz Abu Sa’id Rohimahulloh Berkata : Asal dari mimpi sholat adalah sesungguhnya menunjukkan keadaan baik agama dan dunia dan menunjukkan memperoleh jabatan (tertentu) dan mendapatkan sebuah pesan atau dapat membayar hutang atau melaksanakan sebuah amanah atau menegakkan Suatu kewajiban (ketetapan) dari beberapa kewajiban2 (ketetapan ketetapan Allah Azza Wajalla)

وإن رأى كأنه يصلي في جماعة مستوية الصفوف، فإنهم يكثرون التسبيح والتهليل لقوله تعالى ” وإنا لنحن الصافون وإنا لنحن المسبحون

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan dia sholat serta meluruskan barisanya maka sesungguhnya mereka memperbanyak tasbih dan tahlil seperti firman alloh Azza Wajalla.

وإنا لنحن الصافون وإنا لنحن المسبحون

Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf . Dan sesungguhnya kami benar-benar bertasbih (surat ashsoffat ayat 165-166)

وإن رأى كأنه ترك صلاة فريضة، فإنه يستخف ببعض الشرائع

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan dia meninggalkan sholat fardhu maka sesungguhnya ia saat itu sedang meremehkan sebagian syariat Allah SWT

والسجدة في المنام دليل الظفر ودليل التوبة من ذنب هو فيه ودليل الفوز بمال ودليل طول الحياة ودليل النجاة من الأخطار

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan ia BERSUJUD maka maknanya ia akan mendapatkan yg ia capai atau ia akan bertaubat dari dosa yg kini ia perbuat atau memperoleh keberuntungan / harta atau usianya panjang atau selamat dari marabahaya.

وإن رأى كأنه سجد لله تعالى على جبل، فإنه يظفر برجل منيع

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan ia BERSUJUD KEPADA ALLAH DI ATAS GUNUNG maknanya ia akan mencapai sesuatu yg sangat baik setelah melewati ujian yg berat

وإن رأى أنه سجد لغير الله تعالى لم تقض حاجته وقهر إن كان في حرب وخسر إن كان تاجراً

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan ia BERSUJUD KEPADA SELAIN ALLAH maka maknanya hajatnya tidak akan terkabul atau kalah bila ia keadaan bertanding/perang atau ia akan rugi jika ia adalah pedagang

وإن رأى كأنه قائم في الصلاة فلم يركع حتى ذهب وقتها، فإنه يمنع الزكاة المفروضة فلا يؤديها

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan ia BERDIRI SHOLAT NAMUN TIDAK RUKUK RUKUK SAMPAI WAKTU SHOLAT HABIS maka maknanya ia tidak mengeluarkan zakatnya padahal ia sudah mampu.

وإن رأى كأنه يصلي فيأكل العسل، فإنه يأتي إمرأته وهو صائم

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan ia SHOLAT DAN IA MINUM MADU maka maknanya ia akan mendapatkan jodohnya sedangkan ia dalam keadaan berpuasa.

وإن رأى كأنه قاعد يتشهد فرج عنه همه وقضيت حاجته

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan ia DUDUK TASYAHUD maka maknanya Allah akan menghilangkan dukacitanya dan kebutuhan/hajatnya terpenuhi.

وإن رأى كأنه سلم وخرج من صلاته على تمامها، فإنه يخرج من همومه، فإن سلم عن يمينه دون يساره صلح بعض أموره، فإن سلم عن يساره دون يمينه، فإنه يتشوش عليه بعض أحواله.

Jika seseorang itu bermimpi seakan akan ia menyelesaikan sholatnya dengan sempurna maka maknanya ia akan keluar dari masalah yg membuatnya bersedih dan jika ia bermimpi sholat di akhiri dengan SALAM dari arah kanan maknanya semua urusannya menjadi baik, namun jika bermimpi sholat di akhiri salam dari arah KIRI maka maknanya urusanya akan berakhir dengan kacau balau.

Untuk selanjutnya, silahkan baca sendiri di kitab aslinya.

ALLAH MEMBERI TAHU KITA LEWAT MIMPI
– Siapa saja yang ada gangguan penyakit non medis pasti SERING bermimpi yang seram-seram tentang bintang,tentang berada disuatu tempat yang tidak dikenal,tentang bertemu dengan orang yang tinggi,atau pendek sekali,atau juga sering mimpi bertemu jin,dan lain-lain mimpi yang ketika bangun anda merasa takut dan sedih.Setiap kali seseorang yang sakit non medis itu lebih dekat kepada Allah,setiap kali juga Allah akan mengabarkan tentang penyakitnya lewat mimpinnya.Untuk itu saya sarankan bagi yang sakit agar menyediakan pena dan buku disamping tidurnya untuk mencatat setiap mimpinya setelah bangun.Mimpi-mimpi ini sangat berguna bagi peruqyah untuk memulai diagnosanya.Yang perlu diketahui bahwa mimpi yang berhubungan dengan penyakit non medis mimpinya SERING BUKAN SEKALI.Inilah yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam menafsirkan mimpi pasien.Demikian semoga

 

Sumber Refrensi :
Kitab Al tafsirul Ahlam Libni Sirrin,
Ustad Salahudin Sunan Al sasaki
dan berbagai sumber internet

Check Also

Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Digigit Ular Berbisa

Inilah Yang Harus Dilakukan Ketika Digigit Ular Berbisa

Guys.. pernah gak kebayang dipikiran kalian, ketika sedang melakukan camping di pegunungan, tiba tiba kalian ...

...