Home / Uncategorized / Ikan Pari dan Manfaatnya

Ikan Pari dan Manfaatnya

Pari adalah ikan yang berperawakan tipes dan tubuhnya melebar.

Ikan ini bisa hidup di air laut (air asin ), dan juga bisa hidup di air payau,  dan tawar.

Gerakan ikan pari di dalam air terlihat seperti terbang atau melayang yang disebabkan gerakan sirip dada ikan pari (pectoral fins) dan bentuk pipih melebar (depressed). Selain itu,  Ikan pari bernafas menggunakan celah insang.

Ikan pari memang memiliki tekstur daging yang sangat lembut, sehingga tidak heran banyak yang menyukainya.

Manfaat ikan pari juga tidak luput dari kandungan gizi dalamnya. Beberapa kandungan tersebut di antaranya; Protein, asam, lemak, omega 3, vitamin D, kalsium, fospor, lodin, magnesium, potassium dan zat besi.

Ciri khususnya bentuk tubuhnya yang gepeng atau melebar dimana sepasang sirip dadanya melebar dan menyatu dengan sisi kiri kanan kepalanya
mempunyai ekor yang sangat panjang  menyerupai cemeti,pada beberapa spesies,ikan pari memiliki duri penyengat
mata ikan pari terletak pada kepala bagian samping
bernapas melalui celah insang yang berjumlah 5-6 pasang.

Manfaat ikan Pari bagi kesehatan

1. Meningkatkan kecerdasan dan pola pikir.

2. Mencegah tubuh kekurangan darah (anemia).

3. Melancarkan sirkulasi/ peredaran darah yang sangat cocok bagi penderita hipertensi.

4. Menyembuhkan penyakit Asma /Sesak Nafas.

5. Menjaga dan menunjang pertumbuhan otak janin pada ibu hamil.

6. Menunjang pertumbuhan tulang dan gigi serta menjaganya tetap kuat ( bersifat mencegah osteoporosis ).

7. Mendukung pertumbuhan otot dan sel syaraf pada anak.

Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Airlangga, menemukan pembunuh sel kanker. Mereka menemukan obat yang terbuat dari tulang rawan ikan pari yang belum banyak diolah dan hanya menjadi sia-sia.

Bahkan, 80 persen dari komponen stingray adalah tulang rawan. Fitrotin Chasanah menjelaskan bahwa ikan pari tulang rawan mengandung tiga senyawa yang antiproliferasi berguna menghambat pembelahan sel kanker.

Ikan pari bisa dinsumsi bukan hanya dagingnya saja, bahkan organ dalam ( jeroan “jawa”) juga bisa dimakan. Tak hanya itu, tidak seperti kebanyakan ikan konsumsi lainya yang duri atau tulangnya akan berbahaya ketika dikonsumsi karena runcing. Lain halnya dengan ikan pari tulangnyapun ternyata juga bisa dimakan, karena agak empuk layaknya tulang muda pada sapi (kikil).

Antimetastasis menghambat penyebaran sel kanker dan antiangiogenesis menghambat pembentukan pembuluh darah baru yang bisa menjadi nutrisi bagi pertumbuhan sel kanker.

Bahan yang digunakan adalah ikan pari bagian tulang rawan kering, ditumbuk dan kemudian diekstraksi. Dari proses ekstraksi akan diperoleh bubuk tulang rawan ikan pari yang dapat diinduksi dalam sel-sel kanker dengan konsentrasi 50-1600 mikrogram per mililiter.

Akibatnya, konsentrasi 1600 mikrogram permililiter mampu membunuh 26, 6 persen dari sel-sel kanker atau hela kanker serviks, kata Fitrotin Chasanah, kepala kelompok riset.

Itulah sekilas tentang ikan pari, yang ternyata jika kita lihat lebih jauh ternyata ikan konsumsi ini memiliki beberapa khasiat dan kandungan manfaat ikan pari untuk kesehatan kita.

 

 

 

Check Also

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa ...

...