Home / Artikel Kesehatan / Ini Alasan Mengapa Madu Hitam Lebih Unggul Dalam Hal Khasiat

Ini Alasan Mengapa Madu Hitam Lebih Unggul Dalam Hal Khasiat

Pernahkah Anda memperhatikan warna madu? Ternyata warna madu sangat bervariasi, mulai madu dengan warna pucat atau terang hingga lebih gelap atau hitam. Dipercaya makin gelap warna madu maka makin efektif khasiatnya sebagai antibakteri dan lebih kaya antioksidan. Itulah kenapa banyak orang yang menganggap manfaat madu hitam lebih baik dibandingkan madu biasa.

Besarnya manfaat madu hitam dibanding madu dengan warna terang mungkin saja disebabkan mengingat madu jenis ini mengandung komponen fenol yang lebih tinggi. Dikarenakan kandungan fenol yang lebih tinggi, maka kapasitas antioksidan di dalam madu jenis ini otomatis lebih tinggi.

Kandungan Senyawa-senyawa dalam madu hitam berikut ini yang menjadi Kunci efektifitas khasiat madu hitam.

Madu hitam lebih unggul dalam khasiat karena kandungan senyawa fenolatnya. Senyawa fenolat sendiri merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan dan jenisnya pun sangat beragam. Sejauh ini, berdasarkan struktur kimianya saja terdapat ribuan jenis.

Menurut beberapa riset, kebaikan dari senyawa fenolat ditunjukkan pada beberapa manfaat dan khasiat yang menguntungkan, seperti Antikanker, Anti-inflamasi, dan Antiaterogenik (penghambat penyempitan arteri).

Selain yang disebutkan tadi, senyawa ini juga dilaporkan memiliki aktivitas antitrombotik, yaitu aktivitas penghambat agregasi (penggabungan) trombosit yang banyak digunakan oleh pasien yang berisiko tinggi mengidap jantung koroner akut.

Manfaat kesehatan madu hitam lainnya yang tak kalah penting adalah berkat kehadiran senyawa fenolat dalam madu hitam, ia  mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu aktivitas analgesik dari madu hitam juga sangat baik. Efek utama analgesik adalah menghilangkan rasa nyeri. Peran penting lainnya dari senyawa fenolat dalam madu hitam adalah sebagai antioksidan yang menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Asam Fenolat

Asam fenolat merupakan substansi yang umum terdapat dalam makanan nabati. Hal ini menyebabkan manusia secara tidak sadar selalu mengonsumsi senyawa ini tiap hari. Tidak pada madu saja, masih ada sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, teh, kopi, bahkan rempah-rempah yang juga mengandung asam fenolat. Dalam tubuh manusia, senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami.

Selain sebagai antioksidan alami, senyawa ini juga memiliki aktivitas biologis lain. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain mencegah terjadinya pembentukan leukotrien. Leukotrien sendiri merupakan substansi pemicu terjadinya asma, reaksi alergi, dan penyakit terkait pengaturan sistem kekebalan tubuh. Potensi lain dari asam fenolat adalah sifat antitumor terhadap pembentukan awal kanker kolon. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam fenolat memiliki potensi untuk mengendalikan peradangan, pembelahan dan pembedaan jenis sel. Satu lagi, asam fenolat juga mungkin berperan sebagai antivirus.

Flavonoid

Manfaat madu hitam bagi kesehatan bisa dikaitkan dengan kandungan  flavonoid di dalam madu hitam itu sendiri. Penelitian tentang senyawa ini telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut membuktikan bahwa flavonoid memiliki aktivitas  antioksidan, yang bertugas memburu radikal bebas dalam tubuh, mencegah penyakit jantung koroner, dan antikanker. Di sisi lain, senyawa berkhasiat ini berpotensi sebagai sarana untuk pengobatan HIV. Hingga kini, penelitian terkait flavonoid sebagai antivirus HIV masih terus berlangsung.
Sepertinya sangat menguntungkan kesehatan kita jjika kita memasukkan madu hitam sebagai konsumsi harian kita untuk merawat kesehatan tubuh.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...