Home / Artikel Kesehatan / Jangan Lama-Lama Tahan Buang Air Kecil! Akibatnya Resiko Kerusakan Ginjal

Jangan Lama-Lama Tahan Buang Air Kecil! Akibatnya Resiko Kerusakan Ginjal

Apapun alasannya, kebiasaan menahan kencing terlalu lama tidak boleh dilakukan karena berbahaya bagi kesehatan. Ini karena tubuh kita memiliki kapasitas untuk menahan urine yang bervariasai, tergantung berapa banyak urine yang dihasilkan oleh tubuh.

proses buang air kecil sangatlah penting, karena menunjukkan bahwa system pencernaan dalam tubuh Anda berjalan dengan baik. Buang air kecil merupakan proses pembuangan limbah sisa metabolisme yang tidak terpakai dan berbahaya bagi tubuh. Bisa Anda bayangkan, jika air seni yang ditahan akan menjadi lahan yang baik bagi tumbuhnya bakteri merugikan.

Jangan sepelekan kebiasaan buruk ini karea ia membawa dampak buruk bagi kesehatan, seperti yang disebutkan berikut:

Menumpuk Kotoran dalam Tubuh

Menahan buang air kecil membuat kotoran yang harusnya dibuang tertahan lama di kandung kemih. Ini berbahaya karena urine merupakan media yang disukai kuman. Air seni akan sangat jenuh oleh bakteri dan kotoran. Inilah yang menbyebabkan setelah Anda menahan buang air kecil cukup lama saat berkemih terasa nyeri.

Mengganggu proses pencernaan

Menahan buang air kencing terlalu lama dapat mengganggu proses pencernaan didalam tubuh. Ketika proses pencernaan seharusnya selesai dengan buang air kencing, namun Anda menahannya, maka otomatis akan mengganggu proses pencernaan berikutnya.

Terganggunya kesehatan organ pencernaan

Selain mengganggu proses pencernaan, kebiasaan menahan kencing terlalu lama juga dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan, diantaranya : kandung kemih, ginjal, dan saluran kencing.

Menimbulkan penyakit dan infeksi pada organ pecernaan

Saat kesehatan organ pencernaan terganggu, pada gilirannya beberapa penyakit dan infeksi siap menyerang. Beberapa penyakit organ pencernaan yang bisa terjadi akibat kebiasaan menahan kencing terlalu lama, antara lain : infeksi pada ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kencing, dan lainya.

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...