Home / Resep Ramuan Herbal / KERSEN (Keres) , Buah Nostalgia Jaman Kanak-Kanak yang Besar Manfaatnya

KERSEN (Keres) , Buah Nostalgia Jaman Kanak-Kanak yang Besar Manfaatnya

Jika anda sudah dewasa saat ini, mungkin anda tersenyum saat mengingat pernah makan buah kersen (baca keres , jawa), semasa kanak kanan, buah idola dan rebutan saat itu. Kersen termasuk buah yang mudah ditemui dimana saja, karena biasanya tumbuh liar. Buah dengan nama latin Muntingia calabura ini memiliki sebutan yang berbeda setiap wilayah, misalnya : Talok, Keres, Kersem, dan lain sebagainya. Buah Kersen mentah berwarna hijau, kalau sudah matang akan berubah menjadi kemerahan. Orang biasa menyebut buah kersen sebagai cery Jawa, karena bentuknya yang mirip dan rasanya juga sangat manis serta enak

Teryata buah keres atau kersen yang sering kita makan waktu kecil menyimpan manfaat yang sangat hebat , simak saja berikut ini:

1. Antibakteri
Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

2. Antioksidan
Sebuah studi juga menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Antiseptik
Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4. Anti-inflamasi
Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5. Anti-tumor
Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Topik pilihan: Kesehatan | Tips Sehat | Tips Diet

6. Mengobati asam urat
Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. Melindungi jantung
Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut
Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker
Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Jadi sungguh buah nostalgia ini sangat kaya manfaatnya.

 

Check Also

Resep Jus Hijau Untuk Menghidrasi Otak Anda Dan Menghilangkan Migren

Jika Anda menderita sakit kepala migrain atau sakit kepala yang tak tertahankan rasa sakitnya itu. ...

...