Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Bunga Silybum untuk kesehatan

Khasiat Bunga Silybum untuk kesehatan

Silybum, (Inggris: Milk thistle, Jerman:Mariendistel) adalah salah satu genus tanaman obat. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Carduoideae.

Khasiat Silybum mungkin sudah umum bagi beberapa kalangan. Sebab untuk jaman yang sudah serba canggih pastinya kita melihat banyak sekali produk obat yang beredar dipasaran yang salah satunya ialah sktrak dari tanaman silybum ini.

Tinggi tanaman ini dapat mencapai 150 cm. Tumbuhan ini beasal dari Eropa selatan, Rusia selatan, Asia kecil dan Afrika utara. Tumbuhan ini mudah dikenali melalui daunnya yang besar, berwarna hijau dan putih serta bergerigi. Bunga tanaman ini berwarna ungu dan berbentuk bulat. Dari bunga ini akan terbentuk biji, yang dapat digunakan sebagai obat.

Lembar fakta ini memberikan informasi dasar tentang tanaman herba atau bagian daritanaman yang digunakan untuk, aroma rasa, atau sifat terapeutik potensial. Termasukbunga, daun, kulit kayu, buah, biji, batang, dan akar. susu thistlenama umum, menggunakan,potensi efek samping, dan sumber daya untukinformasi lebih lanjut. Milk thistle adalah ramuan berbunga yang asli ke wilayah Mediterania. Telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat untuk berbagai penyakit, terutama masalah hati.

Zat yang terkandung dalam tumbuhan ini adalah silymarin. Zat ini berguna untuk melindungi hati dari racun.

Umum Nama-milk thistle, Maria thistle, kudusthistle. Milk thistle kadang-kadang disebutsilymarin, yang sebenarnya campuran darikomponen aktif rempah, termasuk silybinin(juga disebut silibinin atau silybin).

Nama LatinSilybum marianum

puncak
Apa Thistle Susu Digunakan Untuk

Milk thistle diyakini memiliki efek pelindungpada hati dan meningkatkan fungsinya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengobati sirosis hati, hepatitis kronis (radang hati), dan gangguan kandung empedu. Klaim Pengobatanjuga meliputi:

* Menurunkan kadar kolesterol
* Mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 yang juga memilikisirosis
* Mengurangi pertumbuhan sel kanker padapayudara, leher rahim, dan kanker prostat.

Bagaimana Thistle Susu Digunakan

Silymarin, yang dapat diekstrak dari biji (buah) dari tanaman milk thistle, diyakini menjadi bagian biologis aktif dari ramuan. Benih-benih tersebut digunakan untuk menyiapkan kapsul, ekstrak, serbuk, dan tincture.

Penelitian ini juga meliputi seluruh aspek penggunaan milk thistle dalam pengobatan kanker, serta dalam melawan penyakit lain seperti hepatitis C, diabetes, dan HIV

Antikanker

Para peneliti mengemukakan bahwa penelitian praklinis dan klinis menunjukkan potensi milk thistle sebagai unsur antikanker. Milk thistle menjadi pilihan karena saat ini tidak ada pengobatan atau suplemen lain tersedia yang dapat mempertahankan fungsi hati dan menyediakan manfaat klinis. Potensi klinis suplemen pelindung hati dalam perawatan kanker adalah penting, karena berbagai obat kemoterapi serta kebanyakan obat kanker lain yang dipakai pasien mempunyai masalah toksisitas hati yang sangat berat.

Taksonomi

Milk thistles merupakan tanaman berbunga keluarga Asteraceae, genus Silybum.Tanaman ini merupakan tanaman asli di wilayah Mediterania, Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Saat ini milk thistle tersebar luas di berbagai belahan dunia, termasuk di Amerika Utara.

Silymarin

Kandungan aktif milk thistle adalah senyawa kimia yang disebut sebagai flavonoid. Flavonoid dalam milk thistle adalah silybin, silydianin, dan silychristin. Secara bersama, ketiga flavonoid ini disebut sebagaisilymarin.

 

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...