Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Ketan Hitam Mulai Dari Antioksidan Sampai Mencegah Kolesterol

Khasiat Ketan Hitam Mulai Dari Antioksidan Sampai Mencegah Kolesterol

Khasiat Ketan Hitam Untuk Kesehatan tubuh telah mulai jadi pembicaraan banyak orang sejak lama dikalangan mereka yang menggunakannya sebagai obat penyakit lambung, ginjal serta hati.

Kandungan antosianin yang melimpah pada ketan hitam ini ditunjukkan dengan Warna hitam pekat yang dimilikinya. Antosianin adalah salah satu jenis zat anti-oksidan yang memiliki kemampuan dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh. Selain zat antioksidan, ketan hitam juga mempunyai kandungan zat besi, vitamin E serta kandungan serat alami yang kaya. Inilah penyebabnya ketan hitam sangat baik untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan takaran yang benar.

Manfaat Ketan Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Berguna Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ketan hitam jika dikonsumsi secara teratur nutrisi dalam ketan hitam akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh sehingga lebih tahan pada serangan penyakit. Bahkan, menurut dari beberapa hasil penelitian menyatakan ketan hitam ini mempunyai manfaat yang lebih besar dibanding dengan beras cokelat. Hal semacam ini karena, ketan hitam mempunyai kandungan vitamin E yang begitu tinggi. Selain itu, kandungan antosianin yang merupakan anti-oksidan yang ada didalam ketan hitam lebih besar bila dibanding dengan buah blueberry.

Dapat Mencegah Kanker serta Penyakit Jantung

Ternyata menurut dari hasil penelitian menyatakan mereka yang teratur konsumsi ketan hitam dapat menurunkan potensi terserang kanker dibanding dengan mereka yg tidak pernah konsumsi sekalipun. Hal semacam ini dikarenakan kandungan antosianin bertindak menghindarkan tubuh dari pembentukan sel kanker didalam badan.

Anti-oksidan dalam ketan hitam juga bertindak dalam menolong menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam darah, hingga bisa bertindak juga dalam mencegah penyakit jantung.

Bisa Jadikan Sebagai Pewarna Makanan Alami

Sebenarnya warna dari ketan hitam tidak benar-benar hitam, melankan ungu gelap. Warna inilah yang biasa digunakan dalam makanan, warna yang dihasilkan sangat menarik dari merah muda hingga ungu.

Asal diolah dengan benar ketan hitam bisa membantu mempromosikan kesehatan tubuh Anda, jadi mulai saat ini tambahkan ketan hitam dalam menu sehari-hari.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...