Home / Uncategorized / Khasiat Kunyit Putih

Khasiat Kunyit Putih

Kunyit putih (curcuma mangga) merupakan tanaman rempah dan obat tradisional yang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia berkat berbagai macam khasiat yang dikandungnya. Kegunaan kunyit putih ini sangatlah beragam, mulai dari kecantikan, kesehatan, bahkan hingga untuk mengobati penyakit kronis.

Kunyit putih merupakan sejenis umbi yang berbuah tahunan dengan rimpang bulat dan berwarna putih hampir seperti kencur.

Manfaat kunyit putih menjadi salah satu tanaman obat tradisional yang digunakan banyak orang untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.

Sebagai salah satu tanaman herbal, memang kunyit putih digunakan sebagai esep pengobatan tradisional untuk berbagai ramuan untuk jamu. Memang rasa yang dihasilkan dari tanaman herbal seperti pada manfaat kencur ataupun manfaat temulawak ini sangat tidak enak, namun ternyata memiliki khasiat baik bagi tubuh yang tersimpan pada kandungannya. Kunyit putih mengandung minyat atsiri yang juga terdapat pada manfaat daun kelor.

ternyata manfaat kunyit putih mangandung sejumlah zat yang mampu mengendalikan gejala kanker karena mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Kunyit putih ini juga dapat mengatasi keputihan untuk mrnghindarkan terjadinya permasalahan yang lebih serius seperti gejala kanker serviks.

Salah satu tenaga medis yaitu dokter Eko Wahjuni pun mencoba menggunakan kunyit putih dalam usaha untuk memusnahkan sel kanker yang diseritanya. Ia didiagnosa atau difonis  mengalami berbagai penyakit jenis kanker yaitu kanker payudara, ovarium, usus halus, serta kandung kemih. Dokter tersebut mencoba menggunakan pengobatan secara alami atau herbal dengan menggunakan kunyit putih, setelah ia mengetahui kalau kunyit putih memiliki kandungan zat ribosome inactivating protein (RIP) yang bisa digunakan untuk mematikan atau menonaktifkan kanker karena kandungan zat tersebut akan menempel di bagian sel yang tidak normal (kanker).  Apabila dalam watku lama tidak aktif atau berkembang maka sel tersebut akan mati dengan sendirinya.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Menambah nafsu makan

Hampir sama dengan temulawak, kunyit putih juga mampu membantu nafsu makan seseorang. Nafsu makan yang buruk akan membuat Anda mudah lelah ketika menjalani aktivitas.

Mengobati maag

Cara yang kedua adalah untuk mengobati maag. Maag adalah salah satu pemucu asam lambubg, sehingga jika kita terkena maag, ini akan menyebabkan perut terasa perih dan sakit.

Menurunkan gula darah

Khasiat kunyit putih selanjutnya adalah untuk menurunkan gula darah. Gula darah yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis. Salah satu penyebab diabetes yang perlu Anda ketahui adalah karena keturunan, obesitas, kurang bergerak aktif dan sering mengonsumsi makanan yang kaya glukosa.

Menyembuhkan luka bakar

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kunyit putih sebagai obat untuk menyembuhkan luka bakar dan penyakit kulit lainnya. Anda pun dapat menggunakan kunyit sebagai obat luar serta obat dalam. Untuk pengobatan dalam, Anda bisa memanfaatkannya sebagai minuman atau jamu kunyit putih. Sedangkan untuk pengobatan dari luar Anda dapat menempelkan kunyit putih yang sudah dihaluskan pada kulit yang terluka.

Caranya, Kunyit putih dibersihkan kemudian dipotong-potong. Lalu rebus dengan 500 cc air, rebus sampai airnya tinggal separuhnya. Saring ramuan kemudian dinginkan. Minum selagi hangat dengan ditambahkan madu. Minum 2 kali sehari, dosis 50 cc sekali minum.

 

 

Check Also

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Agar Tidak Salah Kaprah Dalam Memberi Pengobatan , Kenali Perbedaan Antara Sakit Kepala, Migrain dan Pusing

Biasanya kalo kepala lagi pusing apa obat nya hayoo , kalo si A ngejawab “aspirin ...

...