Home / Artikel Kesehatan / Khasiat Rumput Fatimah

Khasiat Rumput Fatimah

Rumput fatimah dalam bahasa latin disebut dengan Labisa Pumila, sementara dalam bahasa arab dikatakan dengan kaf maryam (telapak maryam). Rumput fatimah adalah tanaman herbal yang hanya ada di timur tengah, khususnya Arab Saudi.

Rumput Fatimah sudah sering digunakan sebagai obat dalam proses persalinan, karena dipercaya mampu melancarkan proses persalinan. Dengan cara meminumkan air rendaman rumput Fatimah kepada sang ibu.

Rumput fatimah yang digunakan untuk melancarkan proses persalinan adalah ketika menjelang persalinan atau sudah pembukaan pintu ke-6. Jadi meminum air ini bukan ketika pecah ketuban atau ketika belum pembukaan pintu ke-6. Kalau air rumput fatimah diminumkan pada ibu hamil yang belum masuk pada masa persalinan pembukaan pintu ke enam maka akan terjadi kontraksi yang abnormal.

Menurut hasil penelitian bahwa tanaman rumput fatimah mengandung senyawa fitokimia yang menimbulkan kontraksi pada bagian rahim saat dikonsumsi. Zat yang terkandung di dalam tanaman rumput fatimah yaitu suatu zat sejenis oksitoksin dapat digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim sehingga dipercaya ampuh melancarkan persalinan. Zat sejenis ini sama seperti obat yang diberikan untuk menginduksi ibu hamil agar terjadi kontraksi.

Rumput Fatimah mengandung beberapa unsur senyawa akitif seperti Oksigen, kalsium.dan beberapa mineral lain.

Dampak terburuk dari akibat salah minum rumput fatimah bagi ibu melahirkan adalah terjadinya robekan pada rahim dan pendarahan yang tidak bisa dihentikan, jadi hati-hati dalam mengkonsumsi air rumput fatimah.

Rumput fatimah ini adalah sejenis bunga atau putik bunga yang telah kering, begitulah sepintas kelihatannya rumput fatimah. Rumput fatimah menjadi oleh-oleh terpenting yang harus dibawa pulang oleh jamaah haji INdonesia, selain dari kurma dan air zamzam.

Rumput fatimah sepintas terlihat seperti putik bunga yang telah kering. Rumput fatimah di kenal sebagai tumbuhan yang berkhasiat bagi wanita teruatama dalam melancarkan proses persalinan. Untuk itu artikel ini akan membahas tentang manfaat rumput fatimah yang wajib anda ketahui, agar anda tidak salah dalam mengkonsumsinya.

Manfaat Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan

  1. Membantu melancarkan proses persalinan
  2. Melancarkan haidh
  3. Mengurangi rasa sakit ketika datang bulan
  4. Mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan
  5. Meningkatkan hormon pada perempuan
  6. Melangsingkan tubuh
  7. Mengobati diare

Bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi rumput fatimah, harap konsultasi dengan dokter karena ada yang mengatakan rumput fatimah bisa menyebabkan keguguran.

Cara mengunakan rumput fatimah sebagai herbal kewanitaan.

  1. Rendam rumput fatimah dalam air panas atau mendidih.
  2. Biarkan hingga beberapa menit, hingga rumput fatimah nampak melebar dan mekar
  3. Selanjutnya, ambilnya dan minum sebahagiannya, sebahagian digunakan untuk mencuci bagian kewanitaan dan bisa juga anda gunakan pada perut.

Mitos mengatakan, jika Anda susah melahirkan, minum saja rumput Fatimah. Orang Barat menyebutnya Mawar Jeriko. Tanaman ini walaupun kering sudah puluhan tahun disimpan, namun kalau direndam dalam air akan mekar kembali.

 

Check Also

4 Tips Mujarab Menggunakan Minyak Cengkeh Untuk Mengobati Asma, Bronkhitis dan Sinusitis

Dalam dunia pengobatan miinyak cengkeh dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Cengkeh adalah tanaman asli India ...

...