Home / Berita / Konsumsi Daun Beluntas Untuk Cegah Kerusakan Hati

Konsumsi Daun Beluntas Untuk Cegah Kerusakan Hati

Beluntas adalah tanaman yang tumbuh liar didaerah dekat pantai. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak perlu dibudidaya karena dapat tumbuh dengan subur didaerah sekitar kita. Terdapat beberapa manfaat daun beluntas untuk kehidupan kita yang belum banyak di ketahui sampai saat ini. Sebenarnya orang-orang tua zaman dahulu sudah sangat mengerti akan khasiat Beluntas. Nyatanya Daun Beluntas termasuk dalam ramuan jamu tradisional. Bahkan Beluntas cukup berkhasiat hanya dengan memakannya sebagai lalapan.

Dan telah diketahui Daun beluntas kini telah menjadi alternatif untuk pencegahan kerusakan hati akibat racun dalam tubuh. Sepertinya ini kabar baik bagi mereka yang menderita sakit gangguan hati yang mengeluhkan mahalnya obat yang dibeli.

Seperti yang dilansir oleh antaranews.com, Menurut Pakar Farmasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Retno Murwanti “Daun beluntas mengandung senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh racun,”

Retno juga mengatakan, perubahan gaya hidup dan pola makan yang terjadi pada masyarakat dewasa ini dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit hati.

Padahal, tuturnya lagi, hati atau liver tidak hanya berperan penting dalam metabolisme dan penguraian zat yang bersifat toksik, tetapi juga memiliki peran dalam reaksi biokimia.

Menurut pakar farmasi ini, berbagai rusaknya organ hati ini dapat mengakibatkan dampak penyakit seperti hepatitis, cholestasis, steatosis, dan granuloma.

Daun beluntas atau Pluchea indica L., menurutnya diduga memiliki potensi sebagai agen hepatoprotektor. Sebab daun beluntas mengandung senyawa myricetin, quercetin, dan kaemferol yang termasuk dalam golongan flavonoid yang memiliki kemampuan berinteraksi dengan reseptor enzim CYP P450.

Dari interaksi ini, lanjutnya, dapat menghambat terbentuknya metabolit toksik misalnya pada metabolit toksik paracetamol.

“Kami berharap, melalui pemberitaan ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang manfaat daun beluntas bagi kesehatan, terutama dalam memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati. Daun beluntas dapat menjadi alternatif dalam upaya mencegah kerusakan hati akibat racun dalam tubuh,” terang dia.

Check Also

Dokter Asal Jepang yang Berumur 105 Tahun Ini Mempunyai Kiat Khusus Agar Tetap Sehat

Dokter Asal Jepang yang Berumur 105 Tahun Ini Mempunyai Kiat Khusus Agar Tetap Sehat

Forever young …. i wanna be forever young… hehe ada yang tau lagu ini gak ...

...