Home / Apotik Hidup / Kumis kucing sebagai tanaman herbal pencegah asam urat

Kumis kucing sebagai tanaman herbal pencegah asam urat

Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus) j merupakan salah satu tanaman untuk bahan obat tradisional asam urat yang cukup terkenal di Indonesia. Selain itu, Kumis Kucing juga digunakan untuk menanggulangi berbagai penyakit. Cara paling mudah untuk mengenal tanaman ini adalah dengan melihat bunganya.
Tanaman kumis kucing (Orthosiphon Aristatus) j berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wiselatan.Kumis Kucing(Orthosiphon Aristatus) biasanya tumbuh dibawah sinar matahari. Kumis kucing yang digunakan sebagai bahan obat sebaiknya pilih daun yang ts Kucingberbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya. Daunnya berukuran panjang antara 1 hingga 10 Cm dengan lebar antara,75 hingga 1,5 Cm.Sebagai bahan obat, daun yang dipilih biasanya setelah ketiga dari pucuk hingga daun ketujuh. Karena pada urutan tersebut semua zat yang diperlukan telah terbentuk.

Tanaman Kumis Kucing dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 500 hingga 1.200 di atas pemukaan laut pada suhu udara sedang sampai panas. Kumis kucing merupakan tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan dengan berbagai nama daerah, seperti : Kidney Tea, Java Tea (Inggris), Giri-giri marah (Sumatera), Kumis Kucing (Sunda), Remujung (Jawa) dan Se-salaseyan, Songkot Koceng (Madura).
Garam kalium dalam daun Kumis Kucing ini memiliki khasiat melarutkan batu ginjal, kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri. Tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan dengan kandungan asam urat tinggi (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Cara meramu obat alami asam urat dari kumis kucing.

Pertama, cuci dulu 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Tumbuk hingga memar jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Resep tersebut diminum pada, siang dan sore hari, masing-masing dua pertiga gelas atau sekitar 150 ml.

khusus bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan, cobalah untuk menguranginya pelan-pelan. Bisa dengan olah raga dan diet,konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang, makanlah buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi,buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat seperti buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.

Check Also

Buah Sirsak, Asam Namun 6 Manfaat Kesehatan Beserta Resepnya Ini Manis Bagi Tubuh Anda

Umumnya, buah sirsak digunakan sebagai jus atau sirup. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, ...

...