Home / Artikel Kesehatan / Lobak Atasi Sakit Ginjal Dan Ambeien

Lobak Atasi Sakit Ginjal Dan Ambeien

Lobak adalah mirip sekali dengan wortel bentuknya namun hanya saja lobak warnanya putih. Tanaman ini sangat banyak manfaat dan khasiatnya untuk tubuh kita. Selain bisa dibuat sebagai santapan menu sayuran, lobak juga ternyata bisa digunkan untuk obat.

Lobak dapat digunakan sebagai obat gangguan ginjal dan demam. Di samping itu, dapat pula mengencerkan lendir dalam tenggorokkan sehingga baik sekali untuk obat batuk. Lobak, terutama umbinya dapat dimakan mentah atau dibuat acar (asinan), tetapi umumnya dibuat sebagai campuran soto.
Tanaman lobak berasal dari negeri Cina, tapi, telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman mudah ditanam baik di dataran rendah maupun tinggi (pegunungan).

Khasiat lobak

Lobak sangat menguntungkan pada pemulihan bakteri yang rusak (dysbacteria) dan membantu penyembuhan gangguan di pankreas.

Lobak direkomendasikan sebagai bumbu masakan untuk penderita diabetes, juga sebagai terapi penyembuhan.

Jika Anda mengonsumsinya dengan rutin,  teratur, ia dapat membantu mengatasi rasa lelah. Ketika kekurangan asupan vitamin C lobak dapat memberikan pasokan vit c yan cukup. Lobak juga sebagai antibiotik yang kuat, seperti penisilin.

Berikut adalah manfaat Lobak yang bisa Anda ambil bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Anti jamur

Lobak mampu membunuh pertumbuhan jamur yang merugikan di dalam tubuh. Dengan kandungan enzim – enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases yang memiliki aktifitas membunuh jamur. Selain itu ensim tersebut memiliki efek membunuh parasit dan virus dalam tubuh.

2. Menyembuhkan batu ginjal

Konsumsi lobak secara teratur dapat membantu menghilangkan penyakit batu ginjal. Jus Lobak lebih efektif dalam mengobati dan menghilangkan batu ginjal dibandingkan jika lobak diolah melalui proses dimasak. Di samping dapat menghilangkan batu ginjal, jus lobak juga berguna dalam pencegahan pembentukan batu ginjal kembali.

Penelitian membuktikan bahwa lobak berguna untuk mengobati gangguan pada ginjal yang terjadi akibat terbentuknya batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal, disarankan untuk meminum setengah gelas jus lobak segar setiap harinya. Meminum jus lobak segar di pagi hari dilakukan sebelum makan apapun akan membantu melarutkan batu pada ginjal dan mendorongnya keluar lewat air seni.

3. Mengatasi Liver yang bermasalah

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa lobak putih membantu mengatasi masalah liver. Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan juga bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin. Lobak putih memiliki efektifitas dalam membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi yang mungkin terjadi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.

4. Lobak Putih Mengobati penyakit kuning

Bagi mereka penderita penyakit kuning atau hepatitis, lobak putih bisa bemanfaat untuk mengobati penyakit kuning. Kandungan di dam lobak putih akan menormalkan produksi bilirubin yang berlebihan. Penyakit kuning menyerang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh dan lobak putih dapat memperbaiki ketidaknormalan ini dengan oksigen yang dibawa oleh kandungan zat brkhasiat yang terdapat di dalam lobak putih. Selain umbinya, daun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning ini.

5. Manfaat Lobak Putih Untuk Ambeien

Ambeien atau hemorhoid adalah penyakit gangguan pada pembuluh darah di anus. Lobak putih bisa menjadi alternative pengobatan untuk menyembuhkan ambeien. Di dalam lobak putih, mengandung banyak serat yang bersifat lambat dicerna. Inilah yang akan memfasilitasi sistem pencernaan dan menahan air serta mengobati sembelit sebagai faktor utama penyebab ambeien. Jika sembelit sudah teratasi, ambeien akan mereda dan selanjutnya bisa sembuh.

 

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...