Home / Artikel Kesehatan / Lobak, Manfaatnya dari Obat Batuk Hingga Obati Insomnia

Lobak, Manfaatnya dari Obat Batuk Hingga Obati Insomnia

Lobak adalah sejenis sayuran umbi-umbian seperti wortel, lobak tetapi isi dan warna kulitnya berwarna putih.
Lobak antibakteri, anti-jamur, dan diuretik. Mereka kaya akan vitamin C, asam folat, dan anthocyanin dan sangat baik untuk sesak buntu pada sinus, sakit tenggorokan, pilek , sesak didada, asma, dan suara serak. Lobak memiliki kemampuan untuk melarutkan lendir dan asam dalam tubuh dan mengusir batu dari kandung empedu serta membersihkan ginjal.

Lobak juga sangat membantu dalam mencegah dan memerangi infeksi saluran dan kandung kemih. Makan lobak secara teratur dapat membantu mencegah pilek dan flu dan mereka adalah makanan anti-kanker yang besar dan dikenal secara khusus menguntungkan perut, ginjal, mulut, dan kanker usus besar. Lobak juga baik untuk makan dengan makanan bertepung seperti pasta, kentang, dan biji-bijian karena mereka memiliki enzim yang membantu dalam sekresi cairan pencernaan.

Berdaun puncak hijau untuk lobak tidak hanya dimakan, tetapi sebenarnya mengandung lebih banyak vitamin C, protein, dan kalsium daripada lobak itu sendiri. Puncak hijau sangat bergizi dan kaya mineral dan harus dihargai sebanyak jika tidak lebih dari akarnya. Lobak dan sayuran mereka dapat dijus untuk minum detoksifikasi yang sangat baik yang dapat menenangkan saluran pencernaan dan membersihkan seluruh tubuh. Ditambahkan ke salad, sandwich, membungkus, sup, dan semur, lobak dan sayuran mereka dapat menambah rasa hidup dan nutrisi yang fantastis untuk mendukung kesehatan dan tubuh Anda.

Di kuliner nusantara mungkin lobak tidak begitu populer, paling hanya sebagai pelengkap soto bandung atau dijadikan acar untuk pendamping makan mi rica-rica dimasakan manado. Lobak lebih populer dinegara korea dan cina karena disana lobak bisa disulap menjadi berbagai menu masakan. Seperti sayuran pada umumnya yang memang mempunyai kandungan nutrisi, lobak juga lobak mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan kita.

Lobak berasal dari Cina dan bisa ditanam didataran rendah ataupun dataran tinggi, sedangkan di Indonesia saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah didaerah cipanas dan bedugul. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari lobak adalah mengobati insomnia.

Gejala sulit tidur saat ini memang sudah menjamur, hal ini disebabkan oleh banyak faktor yaitu diantaranya karena tekanan ekonomi, tekanan pekerjaan serta segala sesuatu yang memang membutuhkan waktu yang cepat dan instan. Apalagi jika kita tinggal didaerah perkotaan, karena waktu tidur malah tidak bisa dimanfaatkan sama sekali akibatnya banyak orang yang mengidap insomnia.

Mengobati Insomnia

Anda yang terkena insomnia boleh mencoba mengkonsumsi lobak sebagai terapi, karena lobak mengandung zat alkoloid yang bermanfaat meredakan ketegangan syaraf. Jika syaraf sudah rileks maka kemungkinan akan memudahkan anda untuk tidur lebih nyenyak. Lobak juga sering disebut tanaman anti insomnia, hipnotis dan saporifis ( memudahkan tidur ). Cara nya mudah yaitu lobak dipotong-potong lalu dibuat jus yang dicampur dengan dengan perasan jeruk nipis. Minum secara teratur menjelang tidur hingga insomnia anda berkurang.

>> Mengontrol Kelebihan Berat Badan

Kandungan air dan serat dalam umbi lobak mampu mengontrol kelebihan berat badan, karena serat dan cairan lobak akan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga keinginan makan dapat dicegah atau setidaknya keinginan untuk makan bisa bisa berkurang.

>> Melancarkan Buang air kecil

Kandungan zat yang ada dalam lobak juga bisa melancarkan buang air kecil karena lobak punya manfaat diuretik, selain melancarkan buang air kecil juga membersihkan saluran kencing.

>> Baik bagi penderita bronkhitis dan batuk

Lobak bagus dikonsumsi bagi pengidap bronkitis atau batuk, karena lobak memiliki kandungan yang bisa melancarkan tenggorokan. Selain itu lobak juga mengandung antibakteri dan antiseptik yang mampu meredakan demam, flu atau batuk.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...