Home / Artikel Kesehatan / Makanan Yang Membuat Hati Anda Merasa Lebih Tenang Dan Bahagia

Makanan Yang Membuat Hati Anda Merasa Lebih Tenang Dan Bahagia

Salah satu cara untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan makan. Ada suatu teori yang menyatakan bahwa makanan tertentu dapat mengubah struktur otak (zat kimia otak dan psikologisnya) yang pada akhirnya  dapat menyebabkan perubahan perilaku. Terdengar menarik ya?

Seperti misalnya neurotransmiter, yaitu sebuah zat kimia otak yang bermanfaat dalam mengatur emosi seseorang. Emosi positif dan negatif seperti senang, tertawa, nyaman, cemas, marah dan depresi terkait dengan fungsi neurotransmiter ini.

Kadang kita  melampiaskan kelelahan, kejengkelan, kekecewaan dan kebosanan dengan cara makan. Sayang sekali banyak orang salah dalam memilih makanan saat suasana hatinya sedang buruk. Kebanyakan orang hanya berpikir agar makan apa yang disukai dan disenangi, bukan makan apa yang dibutuhkan. Junk Food dan makanan ringan tinggi garam seringkali jadi pilihan penghilang badmood.  Tapi tahukah Anda, jenis makanan tersebut memang bisa membuat hati Anda merasa lebih baik, tapi dilain sisi akan berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Sebaiknya konsumsi lah makanan yang tidak hanya bisa merubah suasana hati tapi juga baik bagi kesehatan. Beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk mengembalikan mood tanpa harus merusak kesehatan, simak di bawah ini.

1. Bayam dan sayuran hijau

Kandungan  vitamin B dan azam folat dari bayam   dapat meningkatkan neurotransmitter serotonin untuk meningkatkan emosi positif Anda. Sayuran hijau mengandung asam amino yang merupakan pembentuk norepinephrine dan dopamine, sedangkan keduanya dapat meningkatkan energi, kewaspadaan dan meningkatkan mood saat bersama-sama. Selain mendapatkan suasana hati yang baik, tentu saja sayuran hijau juga sangat baik terhadap kesehatan Anda.

2. Coklat hitam

Coklat yang selama ini dikenal sebagai makanan favorit para wanita ternyata bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Coklat dapat merangsang pengeluaran  hormon serotonin dan endorphin di otak yang otomatis akan membuat Anda merasa senang. Selain itu, coklat juga mengandung tryptophan, ini adalah  zat yang membantu mengurangi gejala depresi.

Salah satu jenis coklat, dark chocolate adalah coklat yang paling ampuh mengembalikan mood. Jenis coklat ini mengandung senyawa yang dalam waktu singkat akan mengurangi tingkat hormon stress dalam tubuh. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa coklat susu akan meningkatkan daya fungsi otak.

3. Buah alpukat

Wah ini pasti menyenangkan, alpukat yang menjadi buah favorit kebanyakan orang  juga dipercaya mampu mengubah mood seseorang menjadi lebih baik. Alpukat mengandung asam folat yang bisa meredakan stress dan suasana hati yang kurang baik.

Asam folat juga mengurangi rasa cemas dan ketakutan pada diri seseorang. Lemak baik dalam buah alpukat jika dimakan secara teratur juga berkhasiat  menurunkan tekanan darah. Alpukat bisa dimakan langsung, dibuat jus atau dicampurkan pada salad.

4. Cabai dan makanan pedas

Ini sepertinya juga kabar gembira bagi mereka yan suka makananpedas. Cabai bisa merubah suasana hati menjadi lebih baik karena cabai bisa meningkatkan level endorphin dan serotonin yang memberi perasaan nyaman dan bahagia. Selain itu,orang yang rutin mengkomsumsi makanan pedas,  menurut beberapa penelitian  lebih mudah tidur nyenyak dan mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

Cabai bahkan dipercaya mampu memacu metabolisme tubuh, menyehatkan jantung, menurutkan berat badan, menghilangkan nyeri dan meredakan sakit tenggorokan. Tapi jangan berlebihan ya, karena kalau terlalu banyak cabai juga bisa memicu gangguan kesehatan seperti diare yang paling ringan.

5. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Nutrisi dan vitamin D dalam biji-bijian juga bisa meningkatkan hormon serotonin yang bisa memicu rasa bahagia. Sebaliknya, kekurangan vitamin D bisa meningkatkan depresi dan suasana yang tidak baik. Selain biji-bijian, kacang-kacangan juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas mood seseorang.Sebaiknya pilih kacang yang disangrai dan jangan yang digoreng untuk menghindari penumpukan lemak jenuh di tubuh.

Protein, mineral, lemak omega-3, antioksidan dan vitamin E yang terdapat dalam kacang-kacangan dapat mengurangi rasa lelah seseorang sehingga mereka akan semangat kembali. Menurut American Journal of Epidemiology, kacang mengandung lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga tidak hanya untuk membuat bahagia tapi juga sangat baik untuk kesehatan.

sumber: www.doktercantik.com

Check Also

Cek Apakah Jarimu Bengkok , Dan Analisa Telapak Tangan (Panduan Praktis )

Tangan merupakan  bagian syaraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apapun itu yang terjadi pada ...

...