Home / Apotik Hidup / Manfaat biji nangka yang luar biasa

Manfaat biji nangka yang luar biasa

Selain buahnya ternyata, biji nangka juga memilki kandungan serat, protein, vitamin A, B dan juga C, seng, Fosfor, serta kalsium yang cukup tinggi. Banyak orang yang tidak tahu akan kandungan yang terdapat di dalam biji nangka ini sehinga tidak sedikit yang hanya memakan buahnya saja dan membuang bijinya. Padahal jika kita mengkonsumsi biji nangka ini dengan cara merebusnya tentunya akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Biji nangka juga masih memiliki beberapa kandungan lainnya seperti isovlafon, saponin, dan juga lignin yang mana merupakan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas penyebab terjadinya kangker.

Biji nangka juga dikenal dengan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang merupakan antioksidan yang membantu mencegah kanker. Nah, untuk lebih mengerti lagi manfaat biji nangka, berikut pemaparannya.

1. Melawan keriput
Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji nangka bisa melawan penuaan di wajah. Campurkan saja biji nangka dengan susu dingin, kemudian hancurkan biji hingga halus dan ratakan pada wajah. Jika dilakukan rutin, keriput di wajah pun akan berkurang.

2. Membersihkan noda pada kulit
Siapa sangka biji nangka bisa membuat kulit lebih mulus? Campurkan biji nangka kering ke dalam susu dan madu. Setelah beberapa waktu, hancurkan biji menjadi pasta dan ratakan pada kulit yang bernoda, setelah kering, bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi stres dan penyakit kulit
Diketahui tinggi protein dan mikronutrien lainnya, biji nangka pun baik digunakan sebagai bahan terapi penyakit kulit dan mengatasi stres. Rutin makan biji nangka juga menjaga kulit tetap lembab alami.

4. Mencegah konstipasi
Makan biji nangka secara rutin akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan kaya seratnya akan mencegah konstipasi. Biji nangka juga dapat dimanfaatkan dalam upaya pengeluaran racun atau detoks dari tubuh.

5. Mencegah anemia
Biji nangka mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menghindari anemia.

6. Mencegah rambut rontok
Di dalam biji nangka, terdapat kandungan vitamin A yang menjaga penglihatan. Namun tak hanya itu, vitamin A yang berasal dari biji nangka juga berfungsi untuk melawan kerontokan rambut.

7. Mengatasi stres dan penyakit kulit
Diketahui tinggi protein dan mikronutrien lainnya, biji nangka pun baik digunakan sebagai bahan terapi penyakit kulit dan mengatasi stres. Rutin makan biji nangka juga menjaga kulit tetap lembab alami.

8. Menambah kenikmatan seksual
Biji nangka dapat dipanggang seperti chestnut. Biji nangka panggang dianggap sebagai afrodisiak yang baik untuk meningkatkan gairah bercinta.

9. Mengeluarkan racun tubuh

Racun tubuh banyak disimpan dan berada di dalam usus. Racun itu akan berbahaya jika tidak segera dikeluarkan. Racun yang tidak dikeluarkan bisa membuat tubuh terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh racun di dalam tubuh adalah kanker usus besar.

10. Sumber Protein

Biji nangka yang tinggi protein dapat mengkonsumsi untuk ditambahkan dalam masakan sebagai menu masakan yang berbeda. Hal ini dapat menggantikan kacang dalam asupan harian yang bervariasi.

 

 

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...