Home / Artikel Kesehatan / Manfaat dan Kandungan Susu Bubuk

Manfaat dan Kandungan Susu Bubuk

Susu merupakan bahan olahan yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berbagai jenis susu yang banyak ditemui merupakan olahan dari berbagai sumber yang kita kenal seperti susu sapi, susu kambing, susu kedelai dan sebagainya. Susu merupakan bahan yang rentan rusak sehingga banyak cara yang dilakukan dengan sedemikan rupa untuk membuatnya bisa mempertahankan kualitasnya lebih lama. Salah satu jenis susu tersebut adalah susu bubuk, yang lebih awet, lebih murah dan mudah dikonsumsi. Namun, bagaimanakah dengan nutrisi susu bubuk ini?? temukan jawabannya pada artikel ini.

susu bubuk

Susu bubuk sebenarnya sama saja dengan bentuk susu lain, seperti susu skim atau suus segar karena susu bubuk juga berasal darimanfaat susu segar. Kandungan sumber vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, seng, kalium dan fosfor tetap dimiliki susu bubuk. Susu bubuk diproduksi oleh penggalian air dan lemak dari susu pasteurisasi segar, menurut Komoditas Pangan Lembar Fakta oleh Aid AS. Selama proses ekstraksi air, nutrisi susu tetap bermanfaat seperti asam amino yang berkelanjutan.

Vitamin

Susu bubuk mengandung sejumlah vitamin penting. Menurut US Dairy Export Council, vitamin A bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, sistem reproduksi dan membantu dalam pertumbuhan sel dan diferensiasi. Vitamin D membantu usus menyerap fosfor dan kalsium yang membantu tulang, sendi dan jantung. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi lipoprotein dan membran sel serta merangsang respon kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Protein dan Asam Amino

Susu cair, susu bubuk dari mana berasal, mengandung whey, kasein dan protein lain. Whey protein termasuk immonoglobulins, protease-peptones, alpha-laktoglobulin, beta-laktoglobulin dan serum darah fraksi albumin. Susu bubuk mengandung asam amino seperti isoleusin, leusin, lisin, mehtionine, histidin, fenilalanin, valin, treonin dan triptofan, yang penting untuk kesehatan dan baik untuk meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Karbohidrat

Jenis karbohidrat yang paling lazim dalam susu bubuk laktosa. Kandungan glukosa, dan galaktosa oligosaccharaides. AS Dairy Export Council melaporkan glukosa dan galaktosa laktosa memberikan manfaat pada bayi dengan mencegah gangguan pencernaan dan pencegahan terhadap bakteri asam laktat. Laktosa juga merupakan diet diabetes karena tidak menaikkan kadar glukosa darah dan akan dicerna lebih lambat dari glukosa dan fruktosa. Laktosa juga membantu tubuh mampu menyerap kalsium.

Kelebihan Susu Bubuk

Susu bubuk memiliki kelebihan dibandingkan dengan susu Cair, manfaat susu bubuk terkait dengan proses konsumsi dan daya tahannya juga lebih baik dibandingkan dengan susu cair. Berikut adalah beberapa kelebihannya.

  1. Lebih tahan lama
  2. Kandungan gula yang lebih sedikit
  3. Lebih nikmat

Namun tentu sesuai dengan konsumsi dan lidah masing-masing penikmat susu mengenai kelezatan kedua jenis susu ini. Namun secara garis besar konsumsi susu sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...