Home / Apotik Hidup / Manfaat susu onta

Manfaat susu onta

Manfaat susu onta untuk mengencangkan kulit, mencerahkan kulit wajah mengeringkan jerawat, solusi bagi kulit wajah berminyak atau berfungsi untuk menjaga kelembabannya. selain itu untuk mencerahkan kulit wajah, juga berfungsi untuk hilangkan unsur zat tidak baik pada kulit. Seperti, jerawat, komedo, debu, pengaruh zat kimia pada wajah dan lain sebagainya.

Allah SWT itu indah, dan mencintai keindahan, begitu bunyi salah satu hadis Rasululah SAW.  Dalam hadis lainnya juga diungkapkan bahwa, “Sesungguhnya Allah SWT itu bersih dan mencintai kebersihan”. Ajaran yang disampaikan Rasulullah SAW itu telah melecut para ilmuwan Muslim untuk berkontribusi dalam bidang perawatan kecantikan, mulai dari rambut hingga ujung kaki. Sejatinya, perawatan kecantikan telah berkembang sejak era kejayaan Islam.  Adalah Ibnu Sina (980 -1037 M)  dokter Muslim legendaris  dalam kitabnya Qanin fi Thib atau  Canon of Medicine secara khusus menuliskan rahasia dan resep perawatan kecantikan mulai rambut hingga ujung kaki.”

Anda pasti tahu susu bagus untuk kesehatan tubuh dan pembentukan tulang. Tapi ternyata susu bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Ratu Mesir, Cleopatra yang kecantikannya sangat tersohor itu punya salah satu resep rahasia untuk menjaga kehalusan kulitnya, susu. Resep ini kabarnya masih tersimpan dalam tulisan hieroglyph, tulisan bangsa Mesir Kuno.

Sedangkan di dunia kecantikan modern, manfaat susu sudah dikenal luas untuk menjaga kecantikan dan kehalusan kulit. Salah satu jenis susu, yang memberi manfaat kencantikan tersebut adalah susu unta. Berdasarkan berbagai hasil penelitian, susu dari berasal hewan yang hidup didaratan Arab ini tenyata memberi banyak manfaat, khususnya pada kulit wajah.

Komposisi Susu Unta

Komposisi susu unta hampir mirip dengan ASI. Susu unta merupakan suplemen makanan yang sempurna untuk anak-anak dan orang dewasa.

Vitamin utama dalam susu unta meliputi vitamin A, B dan B2. Susu ini juga mengandung mineral penting seperti potasium, seng, mangan, tembaga, magnesium, natrium, dan besi.

Kehadiran natrium membuat susu unta terasa sedikit asin. Bila dibandingkan dengan susu sapi, kandungan laktosa dan lemak susu unta jauh lebih rendah, sedangkan kandungan vitamin C dan zat besi masing-masing 3 kali dan 10 kali lebih banyak daripada susu sapi.

Nutrisi lain dalam susu unta meliputi asam lemak tak jenuh ganda, asam linoleat, dan asam volatile.

Susu unta juga mengandung unsur antimikroba tertentu yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut merupakan manfaat kesehatan susu unta.

1. Manfaat Kesehatan Umum

Beragam elemen gizi yang ada di susu unta mampu meningkatkan kesehatan secara umum dan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Susu unta mengandung antibodi dan immunoglobulin sehingga membuat tubuh tahan terhadap berbagai penyakit.

Fungsi dasar dari imunoglobulin adalah melindungi tubuh terhadap gangguan autoimun, alergi, dan beberapa jenis infeksi bakteri, jamur serta virus.

3. Manajemen Diabetes

Minum susu unta membantu dalam mengendalikan diabetes tipe 1. Dari studi kasus dan uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuwan terbukti bahwa susu unta mengandung insulin dan protein mirip insulin yang memiliki efek anti-diabetes.

4. Pemulihan dari Autisme

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...