Home / Artikel Kesehatan / Masker Rambut Daun Pandan Solusi Untuk Basmi Ketombe

Masker Rambut Daun Pandan Solusi Untuk Basmi Ketombe

Ketombe atau serpihan kulit mati juga sering disebut sindap memiliki nama ilmiah Pityriasis capitis adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kulit kepala. Sebenarnya sel-sel kulit yang mati dan terkelupas adalah kejadian alamiah dan normal bila dalam jumlah sedikit. Tetapi beberapa ada orang yang mengalaminya  terus menerus ( pengelupasan kulit mati terjasdi dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan iritasi kulit kepala). Shampoo khusus ketombe dan beberapa obat-batan bebas seringkali digunakan untuk megatasi ketombe ini.

Tak jarang ketombe timbul akibat gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, hindarilah menggaruk-garuk  dengan terlalu bersemangat. Meskipun terasa gatal tapi menggaruk kulit kepala yang berketombe dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang bermuara pada meningkatnya risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Meskipun keberadaan infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe.

Penampakan ketombe yang seperti serpihan kapur membuat rambut terlihat sangat kotor. Memalukan lagi jika serpihan ketombe tersebut berjatuhan di pakaian berwarna gelap.

Jika Anda sudah mulai putus asa dengan masalah ketombe karena sudah mencoba berbagai produk perawatan rambut tapi tak kunjung melihat hasilnya, mungkin tips alami berikut bisa menjadi harapan bagi Anda.

Cobalah gunakan daun Pandan, walaupun dikenal sebagai pewangi dalam masakan kue dan hidangan lainnya, tapi pandan punya khasiat obat yang tidak bisa dianggap remeh.

Mencegah bakteri penyebab ketombe

Vitamin E adalah kandungan dari daun pandan yang bisa berperan sebagai antioksidan. Sebagaimana yang diketahui, ketombe sebenarnya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit kepala. Peradangan tersebut berupa munculnya kerak-kerak di kulit kepala. Kerak-kerak tersebut terlepas dan umumnya disebut dengan ketombe.

Menjaga kelembaban rambut

Daun pandan bisa menjaga agar kulit kepala tetap lembab dan sehat. Ketombe tidak menyerang kulit kepala yang sehat melainkan ketombe  tumbuh pada kulit kepala yang cenderung kering. Demikianlah mengapa pandan bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe Dengan Daun Pandan

Untuk merawat rambut berketombe dengan daun pandan, bisa melakukan langkah-langkah berikut :

Ambil beberapa lembar daun pandan segar

Cuci daun pandan hingga bersih.

Haluskan daun pandan tersebut menggunakan blender yang sebelumbya sudah dipotong-potong. Jika perlu tambahkan sedikit air. Saring hasil blenderan tadi. Jangan terlalu banyak menambahkan air.

Gunakan  cairan pandan tersebut sebagai hair mask atau masker rambut. Ketika dibalurkan pada rambut, lakukan pijatan-pijatan kecil pada kulit kepala. Tujuan utama perawatan ini adalah pada kulit kepala sebab di kulit kepalalah habitat ketombe. Berikan pijatan ringan pada kulit kepala, lalu biarkan selama 1 jam. Lalu keramas seperti biasa. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk.

Lakukan perawatan ini secara rutin sekitar 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Menggunakan herbal hasilnya memang tidak langsung bisa dirasakan dalam sekejap. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran.

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...