Home / Artikel Kesehatan / Menggunakan AC Di Kamar Bayi, Sehatkah?

Menggunakan AC Di Kamar Bayi, Sehatkah?

Sebagai orangtua menjaga bayinya tetap merasa nyaman adalah menjadi tugas mereka. Rasa Kasih sayang sebagai orangtua lah yang mendorong mereka berusaha semaksimal mungkin membuat bayinya nyaman. Mulai dari pakaian, selimut, tirai anti nyamuk agar bayi tak digigit seekor nyamuk pun, termasuk membuat ruangan di mana bayi tidur menjadi sejuk dan bebas gerah. Menggunakan AC di dalam ruangan atau kamar bayi dimaksudkan agar bayi tidak merasa gerah dan tidur lebih nyenyak. Sehingga bayi bisa beristirahat dengan optimal. Namun apakah sehat menggunakan AC di dalam kamar bayi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pendingin ruangan/ AC ternyata tidaklah berbahaya bagi bayi. Tapi ada baiknya sebagai orangtua Anda harus bijak menggunakan AC di kamar bayi jika ingin tetap menjaga kesehatan bayi. Sebaiknya tidak mengatur suhu terlalu dingin dan sebaiknya pula orangtua menjaga kondisi ruangan agar tidak terlalu kering. Suhu ideal untuk kamar bayi sebaiknya dikisaran angka 18° hingga 21° Celcius, atur AC dengan suhu tersebut. Ac yagn dihidupkan terlalu lama juga dapat membuat kamar terlalu dingin.

Jika menggunakan AC atau pendingin ruangan sebaiknya tempatkan tempat tidur bayi pada posisi tidak secara langsung di depan unit pendingin ruangan yang menghindarkan bayi langsung terpapar dinginnya udara yang dikeluarkan oleh AC. Posisikan tempat tidur agar bayi hanya mendapatkan efek dingin pendingin ruangan saja. Sering-seringlah melakukan pembersihan dan perawatan pada unit AC sehingga kerjanya tetap baik dan tidak ada debu atau bakteri berbahaya yang mengendap pada AC yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Selain itu, cobalah untuk memberikan lotion pelembab bagi kulit bayi sehingga kulitnya tidak akan mudah kering.

Sesekali matikan AC dan buka pintu dan jendela kamar bayi agar mendapatkan sirkulasi udara dari luar terutama di pagi hari. Pastikan kamar bayi cukup mendapatkan pasokan cahaya matahari agar ruangan tidak lembab sehingga dapat memicu tumbuhnya bakteri penyebab penyakit.

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...