Home / Uncategorized / Mengobati mata merah dan gatal

Mengobati mata merah dan gatal


Sakit mata adalah segala penyakit atau gangguan pada mata yang membuat mata menjadi terasa sakit. Walaupun bukan tergolong kedalam jenis penyakit yang mematikan, namun tetap saja, sakit mata ini dapat menganggu aktivitas kita sehari-hari.

Selama ini, sakit mata dipercaya diyakini dapat menular melalui suatu kontak, baik secara langsung mapun sebaliknya.

Cara Mengobati Sakit Mata berdasarkan penyebabnya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah mengetahui bahwa sakit mata itu mempunyai beberapa jenis, dan penyebab yang berbeda.

Untuk itu, cara penanganannya pun berbeda, disesuaikan dengan jenis dan penyebabnya.

1. Viral Conjunctivitis
gunakan obat tetes dan salep anti biontik. Jika obat yang digunakan tepat, maka sakit mata akan sembuh dalam beberapa hari saja.

Untuk itu peting sekali, sebelum menggunakan obat tetes / salep tersebut, terlebih dahulu kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter agar kamu dapat saran dan petunjuk yang tepat.

2. Sakit mata karena bakteri
Sebenarnya untuk jenis sakit mata ini, tidak memerlukan penanganan khusus. Gangguan mata yang disebabkan oleh virus hanya memerlukan waktu untuk penyembuhan yaitu selama dua hingga tiga minggu.
3. Sakit mata karena Alergi
Namun jika sakit mati yang kamu alami itu disebabkan oleh alergi, kamu bisa gunakan obat tetes. Namun sebelumnya, kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Cara Mengatasi Mata Merah dan Gatal Pada Orang Dewasa

1. Pencahayaan. Perhatikan pencahayaan dalam ruangan.jangan bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata.sebab mata akan cepat lelah karena menerima dua sumber cahaya sekaligus yaitu cahaya lampu dan monitor.
2. Cuci mata dengan air mawar. Ini merupakan salah satu cara pengobatan praktis yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cuci mata Anda dua hingga tiga kali setiap hari menggunakan air mawar untuk memberikan efek rasa dingin dan menenangkan pada mata.
3. Berhenti menggosok mata gatal Anda. Hal ini justru menyebabkan peradangan setelah menggosok. Menggosok mata bisa mendorong alergen atau bakteri masuk lebih dalam sehingga malah meningkatkan rasa mata gatal.
4. Coba letakkan irisan ketimun dingin di atas mata. Irisan ketimun dingin memberikan rasa dingin dan membuat mata lebih rileks. Ketimun mengandung anti-iritasi yang sifatnya mengurangi peradangan, bengkak, dan iritasi pada mata.
5. Mata akan menjadi sensitif ketika kita terus menerus di depan komputer. Akibatnya terjadilah iritasi. Bila Anda mengalami mata berair atau gatal, hindari menggunakan komputer atau laptop. Jika Anda harus menggunakannya, jangan lupa untuk beristirahat demi membuat mata lebih rileks.
6. Potong dua iris kentang mentah dan letakkan di atas mata. Untuk hasil terbaik, gunakan irisan kentang dingin yang akan merilekskan mata dan menghilangkan rasa gatal serta mata merah.
7. Lihat Bagian Hijau. Melihat Bagian hijau seperti dedaunan, akan mengurangi rasa perih dan akan sangaat membantu mengurangi mata merah, sebaiknya pasang Wallpaper yang bernuansa Hijau.

Check Also

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas

Jangan Heran Bila Tubuhmu Akan Bereaksi Seperti Ini Saat Tertawa Lepas!

Paling seru kalo ketemu para sahabat yang udah lamaa banget gak ketemu ya guys, bisa ...

...