Home / Artikel Kesehatan / Mengolah Daging Kambing Agar Empuk Dan Hilangkan Baunya Dengan Cara Herbal

Mengolah Daging Kambing Agar Empuk Dan Hilangkan Baunya Dengan Cara Herbal

Daging kambing kurang populer untuk menu harian. Terutama karena bau tajam yang kadang sulit hilang. Padahal ada beragam cara mengolah daging kambing enak.

Daging kambing bisa diolah menjadi berbagai masakan. Mulai dari nasi goreng kambing sampai tengkleng. Perlu beberapa cara khusus supaya olahan daging kambing tidak keras dan berbau prengus.

1. Jangan cuci

Screenshot_12
Daging kambing yang dicuci air dingin sebelum proses masak, membuat aroma tidak sedap makin muncul. Sebaiknya lumuri saja dengan air jeruk limau atau jeruk nipis. Lalu diamkan beberapa menit.
2. Pemakaian bahan alami

Banyak bahan alami untuk mengempukkan daging. Salah satu yang populer adalah nanas. Disamping untuk mengempukkan daging, buah asam ini mampu menghilangkan bau kambing. Caranya, campurkan daging kambing dan lumatan buah nanas parut sambil diremas. Lalu diamkan beberapa saat.

Daun pepaya juga bermanfaat untuk pengolahan daging kambing. Bungkus daging dengan daun pepaya selama 10 menit agar lebih empuk ketika dimasak.

3. Gunakan rempah
Selain menambah citarasa, rempah juga bisa mengurangi aroma tajam kambing. Baluri daging kambing dalam campuran rempah halus seperti jahe, kunyit dan bawang putih. Diamkan selama setengah jam lalu pakai untuk pembuatan kari. Jika akan diolah masakan lain, cuci kembali dagingnya.

Pemakaian rempah kuat juga penting pada masakan berkuah. Misalnya sup kambing bisa diberi jahe, biji pala dan kayu manis. Sedangkan kuah gulai atau tongseng dapat diracik dari kemiri, kunyit, biji pala, kayu manis, kapulaga, salam dan serai.
4. Rebus daging
Daging kambing juga bisa direbus dalam air mendidih terlebih dulu untuk menghilangkan baunya. Kemudian buang buih-buih kotoran yang muncul di permukaan air rebusan.

Sebaiknya jangan campur perebusan daging dan jeroan kambing. Sebab jika direbus bersamaan, aroma akan makin menyengat.
5. Jenis masakan
Daging kambing memang lebih baik dimasak lama agar makin empuk. Contohnya pada gulai atau semur. Jika mau memasak sebentar seperti tumisan, gunakan saja daging giling atau daging kambing muda. Daging kambing bisa juga dipotong kecil dan tipis supaya tetap empuk meski dipakai untuk tumisan.

silahkan dipilih mana yang paling gampang dan langsung praktekan untuk menghilangkan bau khas daging kambing, yang menurut beberapa orang kalau bau khas ini hilang maka hilang pula kenikmatan masakan daging kambing itu.

Tips 1

Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu pergunakan daging kambing untuk memasak sesuai dengan resep masakan daging kambing yang disukai.

Tips 2

Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut. Kemudian dimasak sesuai dengan keperluan.

Tips 3

Rebus 1 kilogram daging kambing dengan dimasukkan bersama bubuk kare sekitar 10 gram. Banyaknya bumbu kare disesuaikan dengan jumlah kilogram daging yang akan dimasak

Tips 4

Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan dimasukkan 200 gram tebu yang sudah dipotong-potong. Rebus kurang lebih selama setengah jam

Tips 5

Rebus 1 liter air, setelah mendidih masukkan 1 kilogram daging kambing dan 50 gram cuka. Setelah mendidih, tiriskan daging kambing itu dan dimasak ulang sesuai kehendak hati

Tips 6

Cara lainnya lagi, sebelum dimasak daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa dengan menggunakan daun jeruk limau.

Tips 7

Selain air jeruk nipis bisa juga menggunakan daun jambu klutuk. Daun jambu itu dibejek-bejek bersama dengan daging kambing sebelum dimasak

Tips 8

ambillah 2 potong arang lalu cucilah sampai bersih dari kotoran lain. Rebuslah daging kambing bersama-sama arang tsb, niscaya daging kambing tidak akan berbau lagi. Setelah itu masaklah dengan rempah-rempah sesuai resep pilihan anda

Tips 9

langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa pernah sedikitpun mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya.Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran (sehingga kita tergoda alasan harus membilasnya dengan air). Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan. Daging kambing siap olah tidak mengapa disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak, sepanjang tidak dicuci dengan air.

Tips 10

Yang biasa aku lakukan untuk menghilangkan bau khas daging kambing ga pernah pake apa apa hanya dengan cara memotong daging dengan arah yang benar…yaitu memotong searah serat daging

Mengolah Daging Kambing Agar Empuk Dan Hilangkan Baunya Dengan Cara Herbal

Tips 11

sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. karena daun pepaya bikin daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. diperkirakan bau nanas lebih kuat daripada jeruk

Tips 12

Cincang, memarkan atau lumat jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma Jahe akan menutupi bau lebus pada daging. Agar hasilnya maksimal, lebih baik lagi Jahe yang dlhaluskan bersama bumbu lain.

Untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda Juga bisa menambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga. kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Bumbu-bumbu yang beraroma kuat seperti itu tidak hanya membuat rasa masakan menjadi nikmat, tetapi juga membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging.

Gunakan bumbu rempah yang beraroma tajam untuk mengimbangi aroma daging kambing yang khas

Check Also

6 Cara Mencerahkan Kulit Gelap Di Bagian Pribadi Anda Secara Alami

Perawatan tubuh tidak hanya melibatkan bagian-bagian tubuh Anda yang terlihat tetapi juga bagian pribadi Anda. ...

...