Home / Artikel Kesehatan / Meningkatkan Serotonin Otak? Coba Tambahkan Bahan Makanan Ini Dalam Menu Harian Anda!

Meningkatkan Serotonin Otak? Coba Tambahkan Bahan Makanan Ini Dalam Menu Harian Anda!

Apa itu Serotonin?

Serotonin adalah nama sebutan populer untuk senyawa 5-hydroxytryptamine. Rumus kimia serotonin adalah C10H12N2O. Serotonin merupkan hormon yang terdapat dalam kelenjar pinealis, saluran pencernaan, sistem syaraf pusat, dan keping darah (trombosit). Ini adalah zat dalam tubuh manusia yang meregulasi  aktivitas sel-sel dan organ-organ tertentu.

Serotonin adalah neurotransmitter. Neurotransmitter adalah zat yang menghantarkan sinyal-sinyal melewati ruang syaraf  antara sel-sel syaraf atau neuron. Nah, Ruang ini disebut dengan nama  synapse.

Bagaimana Serotonin Dibuat di Dalam Tubuh?

Serotonin dibentuk melalui proses konversi biokimia yang unik. Penyusun utama serotonin adalah tryptophan yang merupakan bahan penyusun protein. Sel-sel membuat serotonin menggunakan tryptophan hydroxylase yang jika digabungkan dengan tryptophan membentuk 5-hydroxytryptamine yang dikenal dengan nama serotonin

Diketahui ada beberapa bahan Makanan yang diyakini  dapat meningkatkan kadar zt serotonin dalam tubuh.

Bahan makanan itu berupa ikan, whey, pisang dan coklat, kesemua makanan itu dapat meningkatkan kadar serotonin di otak.

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang dapat meningkatkan kadar serotonin otak:

1. Makanan Laut

Lemak ikan dari ikan salmon, sarden, dan herring dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Ikan-ikan tersebut memiliki minyak yang mengandung lemak esensial eicosapentaenoic atau EPA dan DHA, dan tryptophan.

EPA adalah salah satu dari beberapa komponen lemak esensial omega-3 yang sangat berfaedah untuk tubuh.

Mengonsumsi EPA dapat memberikan efek positif terhadap penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis.

Lemak ikan air tawar dan suplemen minyak ikan mengandung EPA dan docosahexaenoic acid atau DHA.

DHA sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak orang dewasa, pengembangan sistem saraf, dan amat dibutuhkan selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Tryptophan adalah asam amino yang bertanggung jawab untuk membentuk serotonin.
2. Whey Protein

Whey protein dapat meningkatkan kadar seratonin di otak, menambah nafsu makan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar gula darah, dan memperbaiki fungsi kekebalan tubuh.

Menurut sebuah studi di University of Maastricht di Belanda, whey protein yang kaya akan alpha-lactalbumin dapat meningkatkan rasio Tryp-LNAA.

Studi ini juga menemukan bahwa diet tryptophan berpengaruh positif terhadap tingkat aktivitas serotonergik otak dan meningkatkan kinerja kognitif, terutama dalam mata pelajaran yang rentan stres.
3. Pisang

Pisang memiliki kadar karbohidrat dan tryptophan yang tinggi. Indeks glikemik pisang dan kadar gula sederhana yang tinggi mungkin tidak cocok bagi sebagian orang, tapi mengonsumsi pisang setelah berolahraga dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang.

Anda dapat memadukan pisang dengan whey protein shake untuk meningkatkan tingkat tryptophan dalam otak.

Tryptophan penting untuk pembentukan vitamin B atau niasin yang diperlukan untuk produksi serotonin. Tryptophan akan meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan dan menekan nafsu makan.
4. Dark Chocolate

Cokelat dapat meningkatkan kadar serotonin. Cokelat biasa mengandung kadar gula yang tinggi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan kadar gula darah sementara waktu.

Meskipun dark chocolate memilki kadar gula yang rendah, tapi dark chocolate yang memiliki kadar kakao lebih dari 70 persen dapat membantu mencegah penurunan gula darah.

Selain itu, cokelat juga kaya akan antioksidan dan polyphenos. Memasukkan sejumlah kecil cokelat dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...