Home / Artikel Kesehatan / Menu Sarapan Sehat Bagi Tubuh kita

Menu Sarapan Sehat Bagi Tubuh kita

Waktu makan yang paling penting adalah pada saat pagi. Setelah tubuh beristirahat semalaman dan mencerna makanan dalam tubuh menjadi zat zat yang dibutuhkan maka otomatis perut dalam keadaan kosong atau hampa jadi perlu diisi kembali dengan makanan. Selain itu sarapan juga sangat penting karena kita akan memulai aktivitas yang tentu saja membutuhkan energy. Bila perut tidak diisi dengan makanan lalu melakukan aktivitas maka itu akan membebani tubuh dan terkesan memaksa tubuh. Bagian tubuh yang paling terbebani adalah organ pencernaan. Makanya kita perlu menegetahui jenis menu sarapan sehat yang baik untuk tubuh.

Organ pencernaan berfungsi mengubah makanan menjadi energy, sehingga bila melakukan aktivitas tentu butuh energy. Kalau makanan tidak ada maka tidak ada yang akan diproduksi jadi energy sehingga alat pencernaan seperti lambung akan menjadi terbebani dan bisa terjadi luka karena tidaka ada asupan yang masuk. Untuk itu sarapan sangat diperlukan sebelum memulai hari dengan aktivitas.

BEBERAPA MENU MAKANAN SEHAT YANG DISARANKAN;

  • Roti

Roti memiliki kandungan karbohidrat yang pas bagi tubuh. Karbohidrat sendiri merupakan sumber energy bagi tubuh. Roti yang baik terbuat dari tepung gandum. Roti bisa dimakan langsung atau diolah menjadi sandwich. Roti sandwich lebih disarankan karena ada tambahan sayuran didalamnya sehingga ada kandungan lain yang bisa melengkapi kandungan gizi dari roti itu sendiri. Isian sandwich bisa anda sesuaikan dengan selera.

  • Telur

Menu sarapan sehat yang pertama adalah telur. Telur mengandung banyak protein yang bagus sebagai sumber energy. Gunakan telur ayam kampong karena kandungan gizinya jauh lebih baik dari telur merah selain itu juga aman dari penggunaan obat obatan. Telur ayam kampong bisa dikonsumsi secara langsung dengan dicampur madu lalu diminum. Bisa juga dengan dimasak atau digoreng. Telur yang dimasak atau direbus cukup bagus karena kandungannya masih utuh. Telur juga bisa digoreng dan dicampurkan dengan bahan lain seperti seledri sesuai selera anda.

  • Buah

Menu sarapan sehat yang selanjutnya adalah buah-buahan,  Buah kaya akan serat dan mudah dicerna oleh tubuh. Buah memiliki kandungan air dan gizi yang baik bagi tubuh. Buah yang disarankan seperti buah pisang, apel atau pir. Tidak disarankan sarapan dengan buah yang mengandung asam seperti mangga, jeruk, semangka, nangka dll. Hal itu disebabkan karena bisa membuat asam lambung menjadi naik apalagi bila dikonsumsi di pagi hari dimana perut masih kosong.

  • Sereal

Sereal yang bagus adalah sereal yang berbahan dasar gandum. Gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh. Sereal bisa dikonsumsi secara langsung seperti anda sedang makan kerupuk atau bisa juga dicampur atau disiram dengan susu agar lebih nikmat. Kandungan susu juga bagus, bila dicampur dengan sereal itu akan menjadi perpaduan yang bagus. Susu dan sereal akan membuat anda kenyang lebih lama.

Check Also

Bahkan Dokter Terkejut, Minyak Kelapa Mampu Membunuh Kanker Hingga 93%

Statistik terbaru menunjukkan bahwa kanker usus besar adalah kanker yang paling umum diderita di dunia ...

...