Home / Artikel Kesehatan / Senyum Itu Ibadah Atau Jangan-Jangan Senyum temanmu Palsu,Cari Tahu yuk

Senyum Itu Ibadah Atau Jangan-Jangan Senyum temanmu Palsu,Cari Tahu yuk

Senyum adalah ibadah. Dengan senyum, seseorang bisa membawa suasana hangat, akrab, dan ramah. Sudah semestinya sebuah senyuman itu tulus diberikan. Namun, ternyata senyum pun banyak macamnya. Dengan demikian, artinya pun beragam.

PSIKOLOGI
(Jenis-Jenis Senyuman)

Senyum merupakan salah satu sikap seseorang yang positif dan dapat mencairkan suasana komunikasi. Senyum juga dapat diartikan sebagai tanda kebahagian seseorang. Tapi banyak senyuman yang bisa diartikan sebagai sinyal dan sikap seseorang di dalam berkomunikasi. Mau tau apa sajakah jenis-jenis senyuman itu dan apa saja ciri-cirinya

Jenis senyuman itu terdiri dari 4 jenis, yaitu fake smile, masking smile, senyum melecehkan dan real smile. Yuk kita kupas tuntas satu-satu…

1. Fake smile atau senyuman palsu adalah senyuman yang dibuat-buat yang muncul ketika kita sebenarnya sedang tidak merasa bahagia. Senyuman ini mucul ketika seseorang sedang merasa kesal, marah, jengkel, sedih, kecewa, dan tidak bisa mengatakan perasaan yang sesungguhnya.

Cirinya: mulut cenderung bergerak ke samping, bukan ke atas, otot pipi dan mata tidak bergerak secara dominan, mata akan terlihat kosong. Senyum palsu cenderung lebih cepat, serta diawali dan diakhiri secara mendadak.

2. Masking smile atau senyuman sosial adalah senyuman yang dilakukan untuk memanipulasi, terkait dengan sebuah tujuan sosial atau interaksi.

Cirinya: mulut cenderung bergerak ke samping tanpa ada kerutan di wajah atau gerakan otot wajah. Senyum sosial biasanya cenderung lebih lama dari yang seharusnya karena memang bertujuan untuk membuat seseorang yang berinteraksi dengan kita menjadi lebih nyaman.

3. Senyum melecehkan adalah senyum yang muncul dan bermakna untuk merendahkan sesuatu atau seseorang, biasanya muncul karena renspon marah atau ketidaksukaan akan sesuatu hal.

Cirinya: salah satu sudut mulut melengkung ke atas, mata tampak tajam dalam memandang.

4. Real smile atau senyuman nyata adalah senyuman yang muncul ketika kita sedang menyukai sesuatu, benar-benar merasa bahagia akan sesuatu.

Cirinya: mulut cenderung bergerak ke atas, otot pipi dan wajah bergerak dominan, mata juga terlihat memancarkan “kebahagiaan” senyuman nyata biasanya bertahan lebih lama dari senyuman palsu.

Lalu apa hubungannya antara SENYUMAN DAN KEBOHONGAN? Ini dia jawabannya. Ekspresi wajah dan senyuman yang berlebihan atau mungkin tersenyum lebih banyak, lebih lebar dibandingkan dengan biasanya, merupakan salah satu indikasi bahwa sedang ada yang disembunyikan melalui senyuman tersebut. Dalam hal ini, senyuman bertugas sebagai “topeng” untuk menutupi apa yang dirasakan sebenarnya. Itulah penjelasan singkat mengenai senyuman dan ciri-cirinya.

Semoga dengan penjelasan tersebut menambah ilmu sahabat infoherbalis semua dan kita semakin bijak lagi menilai orang dari hal kecil yaitu senyumannya. Karena awalnya kita memandang sebuah senyuman hal yang biasa saja, jika kita mengetahui ilmunya senyuman akan menjadi komunikasi/sesuatu yang luar biasa.

sumber: http://theraoseun.blogspot.co.id

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...