Home / Artikel Kesehatan / Solusi Agar Terhindar Dari Tumit Kering Dan Pecah Pecah

Solusi Agar Terhindar Dari Tumit Kering Dan Pecah Pecah

Banyak faktor yang menjadi penyebab tumit menjadi  kering dan pecah-pecah. Antara lain  efek dari pemakaian obat tertentu, cuaca yang kurang bersahabat, penyakit tertentu, obesitas, cacat kaki dan sebagainya. Apabila  kondisi tumit tersebut disebabkan oleh cacat dan penyakit yang bersifat permanen, mungkin memang susah untuk mengobatinya.

Pemakaian obat dapat memicu terjadinya tumit pecah-pecah, maka solusinya cobalah mengurangi pemakaian obat tersebut jika memungkinkan. Atau jika masalah tumit disebabkan oleh kelebihan berat badan, cobalah untuk diet secara sehat.

Lebih rajin merawat dan membersihkan

Bagian tubuh yang sering luput dari perhatian kita adalah telapak kaki. Bersikap adillah terhadap tubuh Anda. Kita kadang  sibuk mengurus wajah tapi mengabaikan bagian tubuh yang lain. Sehabis bepergian usahakanlah untuk membersihkan tumit dengan sabun.

Upayakan kelembaban tumit

Kelembapan kulit kaki terutama tumit harus di jaga terutama ketika cuaca panas dan saat kita banyak melakukan aktifitas berdiri. Berendam dengan air hangat, memasang kaus kaki, memakai scrub, lotion, mengoleskan minyak dan memakai beberapa pelembab alami yang berasal dari alam.

Bahan-bahan alami seperti  pisang, alpukat, lemon, pepaya, labu siam dan sebagainya dipercaya bisa membantu melembabkan tumit. Caranya adalah dengan menghaluskan seperti membuat masker dan dioleskan. Madu, minyak kepala dan lilin parafin juga ampuh untuk mengatasi masalah tumit kering dan pecah-pecah.

Menyempurnakan dengan makanan

Kekurangan asupan zat besi, seng, asam lemak, omega 3 dan vitamin tertentu dalam tubuh dapat berdampak pada tumit kering dan pecah-pecah juga. Jangan lupa perbanyak mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin, zat besi dan mineral seperti kacang-kacangan, sayuran, gandum, susu dan sebagainya.

Jaga dan ubah kebiasaan

Kebiasaan seperti menggaruk, tidak pakai sendal, berdiri terlalu lama,dan aktivitas menggunakan kaki yang berlebihan bisa memicu munculnya masalah tumit. Anda harus segera mengubah kebiasaan ini agar gangguan pada tumit tak berlarut-larut dan semakin parah.Gunakan kaus kaki dan sepatu yang nyaman bagi kaki, Agar kaki tidak tersiksa.

Peliaharalah kaki Anda, karena jika tumit pecah-pecah dan luka akan sangat menyakitkan dan yang pasti akan mengganggu aktifitas Anda.

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...