Home / Artikel Kesehatan / Hebatnya Sang Daun Kelor

Hebatnya Sang Daun Kelor

Daun kelor memiliki nama latin Moringa Oleifera. Tanaman kelor sendiri konon berasal dari negara India. Masyarakat India biasa menggunakan tanaman ini untuk membersihkan air yang keruh. Di beberapa wilayah Sudan serta Peru, tanaman ini sering dijuluki moringghi. Tumbuhan ini masih termasuk tanaman moringacaea.

Sementara di tanah air, manfaat daun kelor sudah dikenal sejak lama. Hal ini terbukti dengan penanaman tanaman ini diberbagai wilayah di Indonesia. Beberapa wilayah Indonesia yang ditanami pohon kelor antara lain Bali, Jawa, Sunda hingga Sumba.

Pohon kelor yang tumbuh tingginya bisa mencapai 10 meter. Batangnya memiliki karakter lunak dan mudah rapuh. Sementara untuk bentuk daun kelor ialah bulat seperti telor dan daunnya biasanya tersusun seperti daun joar. Bunga pohon kelor sendiri bisa dijumpai setiap satu tahun sekali.

Daun Kelor

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor yang masih segar maupun sudah kering sama-sama bermanfaat bila diolah dengan benar. Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor yang perlu diketahui terutama untuk untuk kesehatan.

1. Menurunkan hipertensi

Manfaat daun kelor yang pertama ialah menurunkan penyakit hipertensi. Hipertensi ialah istilah medis untuk penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit ini terbilang cukup berbahaya. Beberapa kasus hipertensi diketahui berakhir dengan kematian. Untuk itu banyak orang mencari cara maupun obat tradisional untuk mengatasi permasalahan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah diabetes

Manfaat daun kelor kedua yaitu untuk mencegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes masih termasuk penyakit yang berbahaya. Diabetes terjadi karena tingkat kadar gula dalam darah seseorang meningkat. Agar terhindar dari penyakit ini, banyak orang menggunakan ramuan yang terbuat daun kelor.
Bagaimana daun kelor dapat mencegah timbulnya diabetes? Di dalam daun kelor terdapat bermacam-macam kandungan seperti protein, tembaga, beta karoten hingga vitamin c. Salah satu kandungan tersebut mampu mengontrol kadar gula dalam darah seseorang. Bila kadar gula dalam darah terkontrol dengan baik, maka tingkat resiko penyakit diabetes yang mengincar maka semakin menurun.

3. Menyembuhkan penyakit rematik

Bila anda memiliki penyakit rematik, maka ada baiknya anda menyimak baik-baik manfaat daun kelor yang ketiga ini. Daun kelor rupanya dapat dimanfaatkan untuk obat rematik. Hal ini karena zat flavonoid dalam daun kelor dan tangkainya mampu menurunkan tingkat asam urat  serta bersifat anti peradangan yang baik untuk penyembuhan penyakit rematik.

Daun kelor sarat akan vitamin dan mineral, Mangan, silika, Magnesium, Zinc, Iron, Tembaga dan Kalsium yang benar-benar baik untuk menutrisi tubuh. Karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral, daun kelor memiliki beberapa manfaat di dalamnya seperti melembabkan kulit, membersihkan kulit dan juga memelihara dengan nutrisi. Inilah alasan mengapa sangat baik untuk mengkonsumsi daun kelor.

5 Manfaat Kecantikan dari Daun Kelor

Daun kelor juga digunakan baik dalam pengobatan rumah serta produk kecantikan tertentu. Minyak yang diekstrak dari daun kelor baik untuk kulit dan rambut. Menggunakan secara teratur dapat memecahkan masalah ketombe dan rambut bercabang, memperkuat folikel rambut serta jaringan kulit kepala. Vitamin E yang merupakan anti-oksidan, melancarkan aliran darah di kulit kepala.

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...