Home / Artikel Kesehatan / Tips Menyimpan Daging Qurban Di Kulkas Yang Benar

Tips Menyimpan Daging Qurban Di Kulkas Yang Benar

Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar
Melimpahnya daging kurban juga menimbulkan masalah saat penyimpanan. Penyimpanan yang salah akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini adalah tips menyimpan daging yang benar.
Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, potong daging dalam ukuran kecil agar pembekuan lebih merata dan mempermudah saat mengeluarkan sesuai kebutuhan Anda. Jika ada yang kotor jangan dibersihkan dengan air tetapi potonglah bagian yang kotor dan pisahkan. Pisahkan juga daging segar dengan daging yang sudah diolah.
Bungkus potongan-potongan daging tersebut pada plastik kedap air atau wadah plastik yang tertutup agar tidak mengalami dehidrasi. Daging yang dehidrasi akan mengalami perubahan warna menjadi coklat kehitaman.
Jika hanya ingin menyimpan selama 2 – 3 hari, sebaiknya disimpan dalam chiller. Chiller pada kulkas biasanya ada dua, yaitu chiller atas (tepat di bawah freezer) untuk menyimpan daging dan chiller bawah untuk menyimpan sayur.
Jika ingin menyimpan daging dalam waktu lama, masukkan ke dalam freezer. Penyimpanan dalam freezer bisa bertahan sampai 3 bulan.
Jika ingin digunakan, letakkan daging pada wastafel sambil dikucuri air kran dalam keadaan masih terbungkus plastik.
Daging yang sudah dikeluarkan dari kulkas harus dimasak sampai habis. Jangan memasukkan kembali sisa daging ke dalam kulkas

*abaikan gambar ilustrasinya

sumber Ust. Xeno Vitri FB

Check Also

Biji Ceremai Untuk Pelangsing dan Obati Asma

Dulu tanaman Ceremai mudah ditemui di pekarangan rumah warga di desa, Cermai (Phyllanthus acidus [L.] ...

...