Home / Artikel Kesehatan / Tips Tangani Luka Bakar Ringan Secara Alami Tanpa Meninggalkan Bekas

Tips Tangani Luka Bakar Ringan Secara Alami Tanpa Meninggalkan Bekas

9 dari sepuluh orang pasti pernah mengalami luka bakar setidaknya dalam hidup mereka. Bisa dikatakan, luka bakar cukup banyak mengambil bagian dari masa kecil kita entah itu saat bermain korek api, petasan dan ketika mencoba memasak sendiri. Jarang sekali orang yang tidak memiliki pengalaman luka bakar selama masa kecil mereka.
Banyak Cara yang dilakukan orang dengan spontan ketika mengalami luka bakar, seperti mengoleskan pasta gigi dan mengguyurkan air ke area yang terkena luka bakar.

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda menyembuhkan luka bakar dengan cepat dan meminimalkan bekas luka.

Madu

Madu telah lama digunakan sebagai obat untuk infeksi luka dan menyembuhkan luka bakar. Semua orang tahu lebah tertarik pada madu, tetapi apakah Anda tahu air, juga? Ketika diterapkan pada luka bakar, madu menarik keluar cairan dari jaringan, secara efektif membersihkan luka. Anda juga dapat membasahkan madu di perban untuk di tutupkan pada luka bakar. Ganti perban tiga sampai empat kali sehari.

Oatmeal

Masukkan 1 cangkir oatmeal mentah ke dalam bak berisi air hangat. Rendam bagian tubuh yang terkena luka bakar kira-kira 15 sampai 20 menit dan kemudian angin-anginkan  sehingga lapisan tipis oatmeal tetap pada kulit Anda. Hati-hati masuk dan keluar dari bak mandi karena oatmeal membuat permukaan licin.

Garam

Luka bakar pada mulut dapat dikurangi dengan berkumur dengan air garam setiap jam atau lebih. Campur 1/2 sendok teh garam dalam 8 ons air hangat gunakan untuk berkumur.

Kantong teh

Asam tannic dalam teh hitam membantu menarik panas dari area tubuh yang terbakar. Masukan 2 sampai 3 kantong teh ke dalam ceret air dingin dan kumpulkan teh dalam mangkuk kecil. Dengan lembut oleskan cairan teh di luka bakar.

Cuka encer

Cuka bekerja sebagai zat antiseptik pada luka bakar ringan dan membantu mencegah infeksi. Encerkan cuka dengan air, dan bilas daerah yang terbakar larutan cuka encer tadi. Ini dapat jadi pertolongan pertama yang mudah dan cepat untuk penyembuhan luka bakar.

Daun pisang

Konstituen utama dalam pisang adalah lendir, glikosida iridoid (terutama aucubin), dan tanin. Bersama-sama konstituen ini diduga memberikan pisang efek anti-inflamasi, antimikroba, antihemorrhagic, dan ekspektoran. Untuk mendapatkan efek penuh dari tanaman ini, hancurkan beberapa lembar daun pisang segar dan oleskan airnya langsung ke luka bakar.

Air dingin

Dengan lembut alirkan air dingin atau tempatkan kompres dingin di atas luka bakar selama sepuluh menit. Lakukan ini secepat mungkin, segera seketika mendapatkan luka bakar. Air dingin tidak hanya terasa baik tetapi akan membantu menghentikan panas menyebar, dan semakin cepat Anda mengalirkan air dingin pada luka bakar, semakin besar efeknya mengurangi dampak luka bakar.

Lidah buaya

Ini sangat bagus untuk penyembuhan dan luka bakar menenangkan. Langsung terapkan gel lidah buaya pada luka bakar. Ini akan menenangkan dan mempercepat kesembuhan dan membantu mendinginkan kulit yang terbakar. Lidah buaya dapat mencegah luka bakar meninggalkan bekas.

Check Also

Lengkuas Obat Alami Mujarab Atasi Kurap

Kurap atau disebut juga ringworm adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit, ...

...