Home / Artikel Kesehatan / Vegetarian itu SEHAT

Vegetarian itu SEHAT

Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari mahluk hidup seperti daging, unggas, ikan atau hasil olahannya.

Definisi asli dari ‘vegetarian’ adalah dengan atau tanpa telur atau produk dairy dan definisi ini masih digunakan oleh Vegetarian Society hingga sekarang. Bagaimanapun juga, kebanyakan vegetarian di India tidak memasukkan telur ke dalam diet mereka, seperti juga mereka dari tanah Mediteranian klasik, sebagai contoh Pythagoras.

Di Indonesia secara tradisional suku bangsa Jawa tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging dan gemar mengkonsumsi tahu dan tempe dalam menu mereka sehingga dapat dikatakan menjalankan diet semi vegetarian.

Ditengarai orang Yogyakarta memiliki tingkat harapan hidup yang tertinggi di Indonesia karena banyak mengkonsumsi makanan berbahan dasar keledai tersebut.

Sejalan dengan meningkatnya angka kematian akibat beberapa penyakit modern, seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, kanker, kegemukan, hipertensi, stres, dan kolesterol tinggi; pola hidup sehat dengan vegetarian merupakan pilihan yang tepat. Vegetarian merupakan salah satu upaya manusia untuk hidup menyelaraskan diri dengan alam atau suatu bentuk tekad untuk back to nature.

Vegetarian mempunyai pengertian berpantang makan daging, tetapi hanya makan sayur-sayuran dan bahan nabati lainnya. Dapat pula disebut vegetarian berarti tidak mengandung daging atau kebiasaan berpantang daging. Dengan demikian kaum vegetarian sudah tentu akan menjauhkan diri dari makanan yang mengandung daging, seperti gulai kambing, dendeng sapi, pepes ikan, atau ayam panggang, sate kambing, gulai kambing,dll.

Kenyataan yang banyak ditemukan di masyarakat adalah banyak di antara kita yang menjadi vegetarian temporer. Artinya kita hanya sesekali masih memakan daging, ikan dan ayam, terutama saat menghadiri undangan jamuan makan. Di sisi lain, kesadaran untuk hidup sehat banyak mendorong orang untuk menjadi vegetarian murni.

 

vegetarian gaya hidup masa depan

Tidak Mudah (SULIT)

Memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang yang belum pernah terlatih sama sekali. Godaan begitu kuat, biasanya godaan yang sering terjadi adalah kembali ke menu awal. Karenanya jika ingin menjadi vegetarian harus dapat melatih mengontrol diri dan menerapkan disiplin yang kuat bagi diri sendiri. Dan yang penting harus memiliki kemauan untuk hidup sehat dan tidak membunuh.

Di seluruh dunia saat ini pola hidup vegetarian sudah banyak diminati dan dilakukan orang. Motivasi para pelaku vegetarian umumnya bersumber karena alasan kesehatan. Cara memulai pola hidup vegetarian adalah dengan memusatkan pikiran dan perilaku positif terhadap diri sendiri dan mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai melalui program tersebut.Seorang vegetarian harus benar-benar yakin bahwa ia mampu melakukannnya.

Dengan menjadi vegetarian dapat mencegah timbulnya penyakit dalam pada tubuh karena biasanya makanan yang dikonsumsi mengandung asupan serat yang tinggi.Berpikir bahwa dengan bervegetarian dapat menolong mahkluk hidup. Kalau kita vegetarian, maka kita tidak akan membunuh hewan-hewan yang tidak berdosa. Penyakit yang dapat dicegah oleh seorang vegetarian antara lain seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah, kanker, kegemukan, hipertensi, stress, kencing manis dan kolesterol tinggi.

Mari pilih gaya hidup anda, orang sehat bijak memilih.

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...