Home / Artikel Kesehatan / Wah! Mandi Pakai Gayung Ternyata Lebih Sehat Daripada Dengan Shower/Pancuran

Wah! Mandi Pakai Gayung Ternyata Lebih Sehat Daripada Dengan Shower/Pancuran

Di Indonesia kebanyakan orang masih suka mandi pakai gayung. Sebenarnya mandi pakai gayung itu sehat tidak sih? Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pancuran air atau shower  yang kotor dapat memicu masalah kesehatan berbahaya. Bakteri yang menumpuk ada pada shower/ atau pancuran bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang sulit disembuhkan.

Yang harus benar-benar diperhatikan adalah bakteri bernama nontuberculous mycobacteria (NTM), bakteri ini lebih banyak menyerang wanita. Bakteri ini berbahaya ini sering ditemukan pada bagian kepala shower/ pancuran hingga di selangnya. Penelitian ini ditulis dalam American Journal of Respiratory and Critical Care, dipublikasikan oleh Newsmaxhealth.com.

“Kebanyakan dari kita menghirup bakteri ini sepanjang waktu, namun tidak memiliki masalah apapun. Namun pada orang yang lebih rentan, biasanya muncul masalah yang cukup berbahaya,” ujar Dr. Michael Iseman .

Sekali saja seseorang terkena infeksi NTM, maka penyembuhannya bisa sangat memerlukan perhatian khusus juga memerlukan waktu yang sangat lama. Setidaknya waktu penyembuhan adalah 18 bulan. Bahkan bisa dilakukan operasi untuk mengeluarkan bagian yang bermasalah di paru-paru.

Cara menghindari infeksi NTM:

Selalu bersihkan shower, mulai dari bagian kepala dan selang secara terartur. Anda bisa menggunakan pembersih khusus atau memakai cuka.

Sebisa mungkin mandi dengan gayung saja ketimbang shower.

Gunakan masker jika Anda sedang berkebun atau mengolah tanah, hal ini bisa menghindari risiko terinfeksi NTM dari tanah.

sumber: http://www.vemale.com/kesehatan/37414-asyik-mandi-pakai-gayung-ternyata-lebih-sehat.html

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...