Home / Artikel Kesehatan / Waspadai 8 Tanda Bayi Anda Sedang Tidak Sehat!

Waspadai 8 Tanda Bayi Anda Sedang Tidak Sehat!

Bayi baru lahir cuma bisa menangis? Biasanya memang begitu. Memang ini adalah cara bayi berkomunikasi pada sekitarnya.  Untuk menyampaikan kebutuhannya, bayi punya berbagai cara seperti menggumam, tersenyum, menguap dan lain sebagainya. Adakalanya bayi berperilaku tidak seperti biasanya, mungkin saja ia sedang sakit. Untuk itu sebagai orangtua khususnya seorang Ibu Anda harus mampu mencermatinya. Berikut adalah tanda-tanda bayi anda sedang sakit.

1. Demam

Demam bukanlah penyakit, melainkan suatu respon tubuh ketika menanggapi penyakit atau infeksi tertentu. Segera hubungi dokter jika bayi Anda yang masih berusia kurang dari 3 bulan mengalami demam dengan suhu di atas 37 derajat Celcius, atau jika bayi Anda berusia antara 3-6 bulan dan memiliki suhu di atas 38 derajat Celcius.

Jika suhu tubuh bayi Anda tidak terlalu panas, tetapi muncul tanda-tanda, seperti ruam, iritabilitas, kesulitan bernapas, leher kaku, muntah atau diare, segera bawa bayi Anda ke dokter.

2. Dehidrasi/ kekurangan cairan

Keadaan Dehidrasi dapat terjadi pada bayi Anda jika ia memiliki pola makan yang buruk, demam, lingkungan yang panas, muntah atau diare. Gejala dehidrasi pada bayi, antara lain mulut dan gusi kering, jarang buang air kecil, dan tidak meneteskan air mata ketika menangis. Jika Anda berpikir bayi Anda mengalami dehidrasi, segera hubungi dokter.

3. Diare

Diare kerap kali terjadi pada bayi, Namun sebaiknya Anda tetap waspada dan memeriksakan kondisi bayi Anda ke dokter, jika terdapat darah dalam tinja, buang air besar lebih dari enam kali sehari dan tinja berair.

4. Muntah

Muntah pada bayi mungkin tidak serius jika terjadi hanya sekali atau dua kali. Namun, jika hal itu sering terjadi berulang kali, terutama mengandung darah, serta berwarna hijau, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Sesak Napas

Jika bayi Anda mengalami kesulitan bernapas, sebaiknya segera hubungi dokter. Tanda-tanda sesak napas adalah bayi bernapas lebih cepat dari biasanya, bayi tampak seperti mendengus saat menghembuskan napas dan kulit berwarna bayi bibir atau semburat kebiruan.

6. Pusar dan pen!s bayi berwarna merah atau berdarah

Jika pusar atau pen!s berubah warna merah, ini artinya telah terjadi pendarahan dan bayi Anda perlu mendapatkan penanganan medis. Ini adalah tanda infeksi.

7. Ruam

Ruam adalah gejala yang sangat umum pada bayi, namun segera hubungi dokter jika ruam telah menyebar luas, terutama pada wajah, atau disertai demam, perdarahan, dan bengkak.

8. Pilek

Infeksi saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh virus dan sangat umum pada bayi. Kondisi ini umumnya berlangsung satu hingga dua minggu yang ditandai dengan demam, pilek dan batuk. Gejala yang lebih serius tentu memerlukan perawatan di rumah sakit.

Sebagai orangtua Anda harus tanggap dan cekatan. Segera bawa bayi Anda periksa ke dokter jika menemui kondisi di atas. Ingat penangan yang terlambat berpengaruh besar pada kesembuhan buah hati Anda!

sumber: http://www.parenting.co.id

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...