Home / Artikel Kesehatan / 3 Herbal Alami Ampuh Sembuhkan RADANG AMANDEL Dan Mencegahnya Kabuh Lagi

3 Herbal Alami Ampuh Sembuhkan RADANG AMANDEL Dan Mencegahnya Kabuh Lagi

Radang Amandel atau tonsilitis  adalah infeksi yang terjadi pada amandel/ tonsil. Penyakit ini dibagi menjadi dua jenis menurut sereangannya, yaitu amandel kronis dan amandel akut. Penyakit jyang bisa dialami oleh siapa saja mulai anak-anak hingga dewasa ini memiliki beberapa penyebab, beberapa faktor, dan beberapa gejala. Cara penyembuhannya pun juga bisa dapat di lakukan dengan berbagai macam jenis pengobatannya. Bisa disembuhkan dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan obat tradisional, dan juga bisa disembuhkan dengan cara pergi kedokter, agar dapat di tangani dan diobati dengan baik.

Berikut adalah obat radang amandel yang dapat Anda buat di rumah:

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan zat berkhasiat berupa anti bakteri sehingga sangat baik untuk melawan infeksi termasuk mengobati amandel. Buatlah campuran dari 2 buah jeruk nipis dan 2 sendok  madu organik. Lakukan dengan cara peras air jeruk nipis lalu  tambahkan madu organik, kemudian aduk rata. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu masam. Minum ramuan tradisional tersebut 2 kali dalam sehari secara teratur, terutama malam sebelum tidur. Jangan berhenti konsumsi ramuan tradisional ini sebelum amandel bengkak Anda sembuh.

Mengkudu dan Madu

Berbagai kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah mengkudu juga madu dapat memnjadi pengobatan yang  cocok untuk mengobati radang amandel secara tradisional. Mengkudu memang mempunyai rasa yang tidak enak, namun dengan mencampurkan madu dapat mengurangi rasanya yang tidak enak tadi. Ambil dua buah mengkudu, cuci, lalu parut. Peras hasil parutan buah mengkudu tadi kemudian saring ampasnya, lalu tambah air panas. Biarkan hingga menjadi hangat, Tuangkan madu secukupnya, aduk hingga merata lalu konsumsilah secara rutin 3 kali sehari. Jika diminum secara teratur, cukup efektif meredakan penyakit amandel bengkak Anda.

Kulit Manggis

Hasil penelitian uji aktivitas antibakteri kandungan kulit buah manggis yang dipublikasikan pada jurnal ‘Media Litbang Kesehatan’ ini memberikan sebuah gambaran umum tentang kandungan dan bagaimana cara kerja dari berbagai zat yang ada didalamnya dalam menghambat laju pertumbuhan bakteri misalnya zat Tanin dapat menghambat pertumbuhan kuman dan bahkan dapat berfungsi sebagai anti-mikroba pada konsentrasi tinggi. Atau juga bagaimana peran zat aktif bernama Saponin yang dapat memecahkan sel kuman.
Pertama Anda sediakan kulit manggis kurang lebih 15 gram dan minyak daun mint. Rebus kulit manggis dengan 500 ml air dan tunggu hingga tersisa setengahnya. Kemudian teteskan minyak daun mint dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur selama beberapa hari sampai radang amandel sembuh.

diolah dari berbagai sumber

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...